Program PESIAR Pastikan Masyarakat Kampung Warmon Kokoda 98 Persen Tercover JKN

Kepala BPJS kesehatan Kabupaten Sorong, Rijal Rullah dan Kepala Kampung Warmon Kokoda, Ari Syamsuddin Namugur. (foto:mega/TN).

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – BPJS Kesehatan resmi meluncurkan program Petakan, Sisir, Advokasi dan Registrasi (PESIAR), Rabu (30/8/2023).

Program tersebut dihadirkan untuk mengakselerasi proses rekrutmen peserta dan meningkatkan keterlibatan aktif dalam Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Untuk di wilayah Papua Barat Daya, program PESIAR pastikan masyarakat Kampung Warmon Kokoda Kabupaten Sorong, 98% Tercover JKN.

Kepala BPJS kesehatan Kabupaten Sorong, Rijal Rullah menyampaikan bahwa program PESIAR ini merupakan salah satu upaya tercapainya Universal Health Coverage (UHC) di Kabupaten Sorong.

Tercapainya UHC menjadi salah satu wujud nyata peran pemerintah daerah dalam memastikan seluruh masyarakatnya memiliki jaminan kesehatan melalui Program JKN.

“Kami memilih kampung Warmon Kokoda sebagai agen PESIAR, yang mana sebelumnya hanya 40% masyarakatnya yang terdaftar sebagai peserta JKN, dikarenakan perpindahan kependudukan dari Kota Sorong. Berkat PESIAR, kini kurang lebih sudah 232 KK yang terdiri dari 1000 jiwa atau 98% warga terdaftar dalam Program JKN, “ungkap Rijal setelah launchimg PESIAR, Rabu (30/8/2023).

Rijal menambahkan, bukti suksesnya Program PESIAR ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi kampung-kampung lain untuk bergabung, sehingga cakupan kepesertaan di wilayah Kabupaten Sorong bisa lebih luas lagi.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kampung Warmon Kokoda, Ari Syamsuddin Namugur mengapresiasi inovasi dari BPJS Kesehatan melalui Program PESIAR ini. Menurutnya Program PESIAR telah memberikan kepastian berobat bagi masyarakatnya.

“Alhamdulillah, bersama BPJS Kesehatan kami lakukan kolaborasi Program PESIAR, dengan terjun langsung sampai ke pelosok-pelosok untuk memastikan setiap keluarga mempunyai BPJS Kesehatan. Ibarat sedia payung sebelum hujan, untuk torang pu masyarakat (masyarakat kami), jadi jika memerlukan pelayanan kesehatan bisa dengan tenang pergi berobat tanpa perlu pikir biaya lagi,” jelas Syamsuddin.

Mewakili masyarakatnya, Syamsuddin juga menyampaikan terima kasih karena Program PESIAR telah memberikan kepastian masyarakatnya untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik.

”Kami juga berharap kepada pemerintah daerah agar program ini diperpanjang karena sangat membantu warga yang sedang membutuhkan,”pungkasnya.

<