Pendidikan

Pertamina Trans Kontinental Salurkan CSR ke Lembaga Pendidikan dan Sanggar Seni Budaya di Sorong

×

Pertamina Trans Kontinental Salurkan CSR ke Lembaga Pendidikan dan Sanggar Seni Budaya di Sorong

Sebarkan artikel ini
Pertamina Trans ZKontinental menyerahkan bantua CSR ke Sanggar Sinifagu di Sorong.

 TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Dalam rangka mendukung program Sustainable Development Goals (“SDG’s”) yaitu upaya mencapai target pendidikan bermutu dan pelestarian budaya, PT Pertamina Trans Kontinental (“PTK”) melalui unit kerja Dockyard Sorong menyalurkan bantuan Corporate Social Responsibility (“CSR”) atau Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (“TJSL”) ke lembaga pendidikan dan sanggar seni budaya di wilayah Sorong, Papua Barat pada Selasa, (8/82023).

1728
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Lokasi penyaluran bantuan pendidikan disalurkan kepada SDN 28 Kota Sorong yang berada di Pulau Soop, salah satu pulau tersendiri yang berada di wilayah Sorong, 8km dari PTK Dockyard Sorong.

Bantuan yang diterima langsung oleh Darcen Yapen, S.Pd, selaku Kepala Sekolah berupa fasilitas pembelajaran berupa puluhan buku literasi kelautan untuk mendukung pendidikan dan pengetahuan kelautan serta maritim. Selain buku literasi kelautan, PTK juga memberikan sarana olahraga seperti bola voli serta bantuan pengembangan guru yang merupakan kebutuhan sekolah tersebut.

Kemudian, bantuan pelestarian kebudayaan diberikan kepada Sanggar Sinifagu yang diwakilkan oleh Inne Pinandoiray selaku Pembina sanggar. Bantuan yang diberikan berupa alat musik Tifa dan bantuan pengembanganpelatihan kebudayaan.

Sanggar Sinifagu menjadi salah satu sanggar menjadi salah satu unggulan kota Sorong karena sanggar ini yang menciptakan tarian khusus dalam kirab obor Asian Games pada tahun 2018 silam.
Dwi Indra Kuntoadji selaku VP Legal & Relation PTK mengungkapkan bahwa bantuan yang disalurkan di wilayahSorong merupakan komitmen perusahaan dalam mendukung pemerataan pendidikan dan pelestarian kebudayaan.

Selain itu, bantuan ini diharapkan mampu memberikan kebermanfaatan kepada masyakarat di sekitar wilayah operasional PTK Dockyard Sorong.
“Pilar pendidikan menjadi salah satu fokus PTK dalam menjalankan TJSL, juga mengingat perlunya perhatian khusus terhadap pendidikan di wilayah timur Indonesia. Bantuan literatur kelautan ini juga merupakan dukungan perusahaan untuk meningkatkan pengetahuan kemaritiman dan sejalan dengan lingkup bisnis PTK. Selain itu, bantuan pelestarian budaya merupakan bukti dukungan PTK terkait budaya Papua,” ujar Dwi Indra Kuntoadji.

Atas bantuan yang diterima, Darcen Yapen, S.Pd mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas bantuanyang diberikan untuk SDN 28 Kota Sorong.

“Buku-buku tentang kelautan ini memang sudah lama kami inginkan dan puja tuhan kami dapat dari PTK. Kami selaku pengurus sekolah dan mewakili anak-anak sekolah
mengucapkan syukur atas bantuan yang kami terima, bantuan ini akan kami jaga sebaik-baiknya dan pastinya menambah pengetahuan dalam menjaga ekosistem laut,” ungkap Darcen.

Di tempat berbeda Inne Pinandoiray juga mengungkapkan rasa terimakasih kepada PTK atas perhatian dan kepedulian yang diberikan untuk pelestarian kesenian dan kebudayaan Papua. Bantuan tersebut akan digunakan Sanggar Sinifagu dalam mengembangkan kebudayaan di kota Sorong. Bagi sanggar tersebut, bantuan ini menjadibegitu berarti dalam menjaga kelestarian tarian adat papua yang menjadi visi misi utama Sanggar Sinifagu.