Berita

Masih Lestarikan Adat Istiadat, Pemkot Ambon Apresiasi Negeri Hative Kecil

×

Masih Lestarikan Adat Istiadat, Pemkot Ambon Apresiasi Negeri Hative Kecil

Sebarkan artikel ini
PJ Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena, saat meresmikan Rumah Adat Baileo, di Negeri Hative Kecil, Kamis (27/7/2023). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon memberikan apresiasi kepada Negeri Hative Kecil, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon yang telah menggelar acara Panas Pela dan Peresmian Baileo. Itu berarti, Negeri Hative Kecil masih melestarikan dan mempertahankan adat istiadat dan budaya.

“Atas dua peristiwa besar ini (panas pela dan peresmian baileo) Negeri Hative Kecil, Pemkot memberi apresiasi, dan berterimakasih, serta menyampaikan ucapan selamat dan sukses,” ucap PJ Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena, saat meresmikan Rumah Adat Baileo, di Negeri Hative Kecil, Kamis (27/7/2023).

Masyarakat di Kota Ambon, kata dia, harus mengerti, dan menghargai adat. Wattimena meyakini, adanya sebuah negeri lantaran kesepakatan bersama antara satu dengan yang lain, sehingga budaya diwariskan hingga kini.

“Hari ini kita saksikan bahwa apa yang diwariskan itu masih terus dijaga oleh lima negeri (Hative Kecil, Hitumesing, Hative Besar, Haria, dan Desa Galala). Ini cara kita menghargai apa yang diwariskan oleh leluhur kita. Panas Pela inilah cara kita untuk tetap menjaga melestarikan adat-istiadat/budaya,” ulasnya.

Dia berharap, melalui kegiatan tersebut, tentu dapat menjaga kehidupan hidup masyarakat umat beragama, agar terjalin lebih baik dan solid.

5533
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Tak hanya itu, lanjut Wattimena, hari ini juga dilaksanakan peresmian rumah adat baileo, tempat yang memiliki fungsi untuk prosesi rapat dan sejumlah kegitan adat lainnya bagi negeri ini.

“Hari ini kami akan meresmikan baileo, tempat untuk bermufakat, dan tempat pemangku-pemangku kepentingan berbicara dan bermusyawarah,” pungkas Wattimena.

Sementara itu Raja Hative Kecil, Josias Muryani menuturkan, dirinya berterimakasih kepada Pemkot Ambon yang telah membantu berjalannya proses Panas Pela dan peresmian Rumah Adat.

Termasuk dengan keterlibatan semua pihak yang selama ini telah berkontribusi dan bekerja sama dengan pihaknya.

“Baileo ini dibuat dengan ADD, dan kami sangat berterimakasih dengan banyak topangan, dan hari ini sudah dapat diresmikan. Atas nama Pemerintah Negeri Hative Kecil, saya mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Ambon, dan semua pihak yang tidak dapat saya sebutkan satu per satu,” tandas dia.