Berita

Puluhan Hewan Kurban Diserahkan Pemkot Ambon

×

Puluhan Hewan Kurban Diserahkan Pemkot Ambon

Sebarkan artikel ini
PJ Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena, WA qat menyerahkan secara simbolis hewan kurban, di Pelataran Balai Kota Ambon, Selasa (27/6/2023). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Sebanyak 70 hewan kurban, yang terdiri dari 35 ekor sapi, dan 35 Kambing diserahkan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui Bagian Kesra, kepada masyarakat dalam merayakan Hari Raya Idul Adha 1444 H yang jatuh pada Kamis (29/6/2023).

Penyerahan hewan kurban tersebut dilakukan secara simbolis oleh PJ Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena, di Pelataran Balai Kota Ambon, Selasa (27/6/2023).

Wattimena dalam sambutannya mengatakan, Hari Raya Idul Adha yang identik dengan penyembelihan hewan kurban, merupakan bentuk ekspresi keimanan dan ketaqwaan, bentuk syukur atas nikmat dan limpahan rejeki, serta bentuk ungkapan empati dan sempati terhadap sesama.

“Sehingga ibadah kurban sejatinya memiliki dua dimensi pokok, yakni dimensi vertikal hubungan manusia dengan Tuhan sebagai landasan iman, serta dimensi horizontal atau hubungan sesama manusia, sebagai bentuk nyata kepekaan dan kepedulian sosial,” ungkapnya dalam keterangan tertulisnya, yang diterima wartawan, di Ambon, Rabu (28/6/2023).

Dikatakan, perstiwa bersejarah ibadah kurban, mengajarkan kepada semua bahwa jabatan kedudukan, harta benda harga diri dan profesi termasuk mentalitas korup dan keserakahan manusia, hanya mementingkan ego dan kepentingan pribadi.

Oleh karena itu, sifat-sifat demikian harus ‘dikurbankan’ sebagai wujud keimanan, dan ketaqwaan.

“Inilah makna dan harapan penting dari Idul Adha atau Idul Qurban, yakni tumbuhnya kesadaran dan kesediaan berkurban dalam konteks sosial yang lebih luas. Kapanpun dan dimanapun kita berada, harus siap dan rela memberikan pengorbanan yang tulus demi kemaslahatan bersama,” bebernya.

Pemkot Ambon, ujar Wattimena, setiap tahunnya turut berpartisipasi dalam melaksanakan pembagian hewan qurban, untuk disalurkan kepada kelompok masyarakat baik di masjid, kelembagaan, dan lingkungan yang telah membentuk kepanitiaan, dan mengajukan permohonan.

“Mengingat sasaran penyaluran hewan kurban adalah, untuk membantu fakir miskin dan kaum dhuafa dan masyarakat tidak mampu, maka Pemkot tetap berkomitmen untuk memfasilitasi kegiatan keagamaan, khususnya pembagian hewan qurban ini,” tandasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Bagian Kesra Sekretariat Kota Ambon, Fenly Masawoy dalam laporannya mengungkapkan, jumlah permohonan hewan kurban selalu meningkat tiap tahunnya.

Dimana untuk tahun ini, terdapat 86 proposal permohonan bantuan hewan kurban yang masuk ke Bagian Kesra, namun hanya 70 yang diakomodir pada 4 (empat) kecamatan.

Dia mengaku, hewan kurban yang diserahkan dalam kondisi sehat, dan telah melalui pemerikasaan kesehatan, serta memenuhi syarat dijadikan hewan kurban sesuai syarat Islam.

Untuk diketahui, kegiatan penyerahan hewan kurban dihadiri oleh unsur Forkopimda, Kepala Kantor Kementerian Agama RI Kota Ambon, Ketua MUI Kota Ambon, serta pimpinan OPD lingkup Pemkot Ambon.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *