Berita

Perbaiki Kualitas Udara, Pemprov DKI Terus Menata Kawasan Tidak Terawat

×

Perbaiki Kualitas Udara, Pemprov DKI Terus Menata Kawasan Tidak Terawat

Sebarkan artikel ini
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat meninjau lokasi yang dirapikan berada di kawasan Kelurahan Kuningan Timur, Jalan Perintis, Jakarta Selatan, Senin (12/6/2023). (Foto : ppid.jakarta.go.id).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kembali menata kawasan kota agar terlihat lebih tertata rapi dan sehat. Sebelumnya trotoar di depan Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat juga telah dibuka kembali oleh Pemprov DKI.

Terbaru, lokasi yang dirapikan berada di kawasan Kelurahan Kuningan Timur, Jalan Perintis, Jakarta Selatan. Seperti diketahui, totoar di kawasan Kelurahan Kuningan Timur sering dipadati oleh pedagang kaki lima (PKL).

Lalu, lokasi tersebut juga tidak terpantau sangat tidak terawat.Oleh karena itu, saat ini lokasi tersebut sudah tidak diisi oleh PKL dan sampah yang sudah dibersihkan serta kali yang berada disisi trotoar juga telah dibersihkan.

“Hal ini dilakukan agar lingkungan yang tidak tertata rapi dapat diperbaiki menjadi sehat, hijau, dan memberikan kenyamanan bagi warga sekitarnya,” ujar Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dalam keterangannya dikutip TeropongNews, Selasa (13/6/2023).

Kemudian, Heru menegaskan, dalam penataan ini dalam rangka memperbaiki kualitas udara di Jakarta. Untuk itu, di kawasan tersebut juga ditanami pohon-pohon agar ruang terbuka hijau (RTH) di Jakarta semakin bertambah dan luas.

“Selain mempercepat penggunaan motor dan mobil listrik serta bahan bakar yang ramah lingkungan, kita juga upayakan memperbaiki kualitas udara dengan kegiatan penataan kawasan ini yang turut menambah jumlah RTH di Jakarta,” jelas Heru.

Lebih lanjut, Heru kembali menyampaikan, penataan kawasan di Jakarta merupakan tugas wajib lurah di seluruh wilayah Provinsi DKI. Lurah juga harus mampu menjadikan satu lokasi yang tidak tertata rapi di wilayahnya menjadi kawasan yang bersih, rapi, dan indah.

“Tidak hanya bersih dari sampah dan dirapikan, tetapi juga tata dengan tanam pohon. Trotoar juga dirapikan. Intinya, kita lakukan kegiatan penataan kawasan ini dari yang mudah. Wilayahnya kita refungsi dan dijadikan lebih indah. Ya, saya minta kelurahan tidak hanya satu lokasi saja, tetapi bisa nambah dua atau tiga lokasi,” kata Heru.

Sebagai informasi, sudah ada 267 lokasi yang telah ditata rapi di seluruh kelurahan di Jakarta. Selain lurah, Dinas Pertamanan dan Hutan Kota beserta suku dinasnya di enam wilayah turut melakukan penataan dan penanaman pohon di lokasi yang membutuhkan.