Berita

SKK Migas – Petrogas Resmikan Rumah Produksi untuk Peningkatan Kapasitas BUMDes Arar Berdikari

×

SKK Migas – Petrogas Resmikan Rumah Produksi untuk Peningkatan Kapasitas BUMDes Arar Berdikari

Sebarkan artikel ini
Pelatihan Pengendalian Mutu disampaikan kepada Ibu-ibu anggota BUMDes Arar Berdikari guna menjaga kualitas produk-produk makanan olahan mereka. (Foto:Mega/TN)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – KKKS Petrogas (Basin) Ltd pada Sabtu (13/5/2023) meresmikan Rumah Produksi yang akan dimanfaatkan oleh ibu-ibu anggota BUMDes Arar Berdikari yang berada di Kampung Arar, Distrik Mayamuk, Kabupaten Sorong.

1516
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Rumah produksi yang berada di belakang kantor BUMDes Arar Berdikari ini dirancang untuk menunjang Ibu-ibu Kampung Arar dalam memproduksi makanan olahan berbahan dasar boga bahari.

Di dalam rumah produksi selain dilengkapi dengan peralatan penunjang masak, juga dilengkapi dengan meja olah makanan, blender, vacuum plastik, lemari pajang, meja olah makanan, dan perangkap serangga.

Kelayakan bangunan rumah produksi juga dipersiapkan sebagai salah satu syarat bagi BUMDes Arar Berdikari untuk mendapatkan izin BPOM dan sertifikat halal.

Dalam sambutannya, Kepala Distrik Mayamuk, Endang Iriyanti menyampaikan apresiasinya terkait dengan dukungan ini.

“Setiap tahun itu saya amati Petrogas ini selalu menghadirkan kegiatan untuk masyarakat, yang namanya Program Pengembangan Masyarakat ini. Mudah-mudahan kegiatan ini bermanfaat, khususnya bagi masyarakat kami Kampung Arar yang berada di distrik Mayamuk ini,”ujarnya.

President RH Petrogas Companies in Indonesia, Syafari Syafar menyampaikan bahwa RH Petrogas Companies in Indonesia berusaha untuk memberikan perhatian dan dukungan kepada masyarakat yang berada di sekitar wilayah operasi.

“Melalui Program Pengembangan Masyarakat (PPM) Ekonomi ini, kami berupaya turut serta mendukung pemerintah Kabupaten Sorong dalam usaha meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar wilayah operasional kami,” jelasnya.

Setelah peresmian rumah produksi, kegiatan dilanjutkan dengan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pemasaran bagi BUMDes Arar Berdikari bekerja sama dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi Kabupaten Sorong.

Kemudian dilanjutkan dengan Pelatihan Pengendalian Mutu yang disampaikan oleh jasa penunjang katering perusahaan.

Rakiba Kami, salah satu anggota ibu-ibu BUMDes Arar Berdikari menyambut gembira dukungan yang telah disampaikan.

“Sejak 2018, Petrogas datang untuk memberikan perhatian kepada kami. Terima kasih karena sudah membantu kami di Kampung Arar,” ujarnya.