Ratusan Audiens Ramaikan Gerakan Cerdas Memilih LPP RRI Merauke

Kegiatan gerakan cerdas memilih dilaksanakan di LPP RRI Merake. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Ratusan audiens kalangan pemilihan pemula yang berasal dari sejumlah sekolah, perguruan tinggi dan Ormas kepemudaan mengikuti kegiatan gerakan cerdas memilih yang berlangsung di Aula Gedung Kanol Say LPP RRI Merauke, Rabu (31/5/2023).

Pada pelaksanaan event nasional gerakan cerdas memilih di Kabupaten Merauke ini, di mulai pukul 10.00 WIT dan kegiatan ini dikemas dalam format varity show yakni kolaborasi hiburan, pagelaran yang diselingi obrolan santai dan kuis berhadiah terkait Pemilu dikalangan pemilih pemula.

Kegiatan gerakan cerdas memilih LPP RRI Merauke juga di ramaikan acara talkshow dengan narasumber
Kapolres Merauke AKBP Sandi Sultan, Komisioner Bawaslu Merauke Tukidjo, Komisioner KPU Merauke Syahmuhar Zein, Dandim Merauke Letkol Inf Bayu Kriswandito, Rektor Musamus Beatus Tambaip diwakili, serta Psikolog Adrian Maiola.

Para audiens yang merupakan pemilih pemula dari SMA N 2 Merauke, STIA Karya Dharma Merauke, SMK Negeri 1 Merauke, STIE Yapis Merauke, SMK Negeri 2 Merauke, D3 Akademi Keperawatan, SMA YPPK Yohanes 23 Merauke, Fisip Prodi Ilmu Administrasi Negara Unmus, SMK ST Antonius Merauke, FKIP Unmus, SMA YPK Merauke, HMI, SMA KPG Khas Papua Merauke, PMKRI, SMA Plus Muhammadiyah Merauke, GMKI, Stisipol Yaleka Maro dan Pramuka.

Selain itu kegiatan gerakan cerdas memilih LPP RRI Merauke juga turut di ramaikan adanya pertunjukan grub band lokal Merauke bernama Drie and Sun dan juga tampil penyanyi solo yang merupakan juara bintang radio LPP RRI Merauke yakni Kristina Lawas.

Kepala LPP RRI Merauke Taufan Pamungkas mengungkapkan program Gerakan Cerdas Memilih ini menyasar para pemilih pemula yang jumlahnya tergolong besar sekitar 60 persen lebih dari jumlah pemilih sebesar 204 juta di Indonesia.

“Kami berharap melalui kegiatan gerakan cerdas memilih, maka para kaum milenial dan Gen Z, akan peduli dengan berperan aktif, menggunakan hak pilihnya secara cerdas pada Pemilu 2024,” ujarnya.

Sementara itu Komisioner KPU Merauke Syahmuhar Zein yang menjadi salah satu narasumber pada kegiatan Gerakan Cerdas Memilih memberikan apresiasi kepada LPP-RRI Merauke yang turut serta mendukung Pemerintah dalam mensukseskan pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2024 mendatang.

Syahmuhar Zein menghimbau seluruh pemilih pemula, khususnya para pelajar dan mahasiswa agar pro aktif menggunakan hak pilihnya dan selalu menjadi pemilih cerdas dalam penegakan demokrasi di Indonesia. Sementara itu, Tukijo dari Bawaslu Merauke menyampaikan tugas dan fungsinya sebagai pengawas sekaligus mengajak masyarakat ikut membantu melakukan pengawasan di lapangan jelang,saat pemilihan dan penghitungan surat suara.

“Ketika ada indikasi kecurangan, asalkan ada bukti pelanggaran kemudian bisa dilaporkan ke kami Bawaslu, kemudian kami tindaklanjuti,” ujar Tukijo

Kapolres Merauke juga menyampaikan terkait peran semua pihak dalam menjaga kemanan dan kedamaian daerah begitu pula dengan narasumber lainnya berbicara sesuai tipoksi masing-masing berkaitan dengan tujuan mensukseskan pemilihan umum tahun 2024 mendatang.