Puluhan Ribu Wisatawan Kunjungi Kota Bandung Saat Libur Idul Fitri

Salah satu tarian yang disuguhkan, untuk menyambut wisatawan yang datang ke Kota Bandung. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, BANDUNG – Kunjungan ke berbagai objek wisata di Kota Bandung meningkat pada periode libur Lebaran 2023. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung mencatat kunjungan wisata sebanyak 44.915 wisatawan selama libur Idul Fitri tahun 2023.

Sekretaris Disbudpar, Nuzrul Irwan menyebutkan, peningkatan wisatawan di Kota Bandung, karena adanya pemulihan ekonomi pasca pandemi.

“Tahun ini lebih banyak wisatawan ke kota Bandung, dibandingkan tahun 2022 lalu. Karena tahun lalu masih ada PPKM,” katanya kepada wartawan, di Bandung, Kamis (4/5/2023).

Dia mengatakan, para wisatawan banyak hadir mengunjungi beberapa objek wisata seperti, Kiara Arta Park hingga Taman Lalu Lintas.

Kiara Arta Park menjadi destinasi wisata favorit di Kota Bandung dengan total kunjungan 18.188 wisatawan. Disusul dengan Taman Lalu Lintas dengan total kunjungan 14.830 wisatawan.

Lalu, Karang Setra Waterland sebanyak 8.911 wisatawan, Trans Studio Bandung (2.180 wisatawan) dan Saung Angklung Udjo (806 wisatawan).

Untuk menarik wisatawan, Disbudpar Kota Bandung telah meluncurkan Bandung Calendar of Event (COE) 2023. Pada COE 2023 Kota Bandung menggelar 78 acara pendukung dan 10 acara top event.

Acara-acara tersebut sebagai wajah sektor pariwisata Bandung yang diharapkan mampu menggenjot ekonomi daerah.

Menurut Irwan, pada saat Covid-19, kunjungan wisata sempat menurun di Kota Bandung. Namun saat ini, dengan berbagai acara yang digelar dapat menarik banyak wisatawan.

“Ada berbagai event yang dapat menjadi destinasi wisata di Kota Bandung. Mudah-mudahan bisa menarik wisatawan ke Kota Bandung seperti sebelum pandemi Covid-19,” harapnya.

<