Berita

Oso Daftarkan 580 Bacaleg DPR RI ke KPU untuk Pemilu 2024

×

Oso Daftarkan 580 Bacaleg DPR RI ke KPU untuk Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) dan para kadernya saat rilis pers di Kantor Pusat KPU RI, Rabu (10/5/2023). (foto: tangkapan layar).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Ketua Umum DPP Partai Hanura Oesman Sapta Odang (Oso) menyebut parpolnya mendaftarkan 580 bakal calon anggota legislatif (bacaleg) DPR RI ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Rabu (10/5/2023).

“Hari ini kami dengan resmi mendaftarkan caleg sejumlah 580 orang,” kata Oso di Ruang Sidang Utama KPU RI Lantai 2, Jakarta, Rabu (10/5/2023).

Oso mengaku banyak dari kadernya ingin ikut hadir ke ruang sidang saat pendaftaran bacaleg Rabu ini. Namun, dia harus mematuhi apa yang sudah diimbau oleh KPU.

“Kami datang hari ini dengan seluruh pengurus inti sesuai yang ditetapkan oleh KPU sebanyak 10 orang. Yang mau datang ratusan orang, tapi karena sudah diatur oleh KPU 10 orang, ya kita tertib,” tutur mantan Ketua DPD RI itu.

Berkas bacaleg DPR RI Hanura diterima langsung oleh Ketua KPU Hasyim Asy’ari. Dia menyebutkan, Hanura datang pada hari ke-10 masa pendaftaran bakal calon anggota DPR, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota.

“Telah hadir di sini pimpinan Partai Hanura untuk menyampaikan berkas pendaftaran anggota DPR RI. Pada kesempatan ini, dokumen-dokumen persyaratan yang diserahkan kami terima, kami proses,” kata Hasyim.

Usai tim teknis memeriksa berkas pendaftaran tersebut, lanjut Hasyim, KPU akan memberitahukan status kelengkapan berkas pendaftaran bakal calon legislatif (caleg) DPR dari Partai Hanura.

“Secara teknis, nanti tim liaison officer (naradamping) dari Partai Hanura akan berkomunikasi, berkoordinasi dengan tim teknis pendaftaran dari KPU, sehingga nanti dalam tahapan ini kategorinya cuma satu, lengkap atau tidak lengkap,” kata Hasyim.

Berdasarkan pantauan dari YouTube KPU RI, Oso beserta rombongan elite Partai Hanura, kompak mengenakan jas partai berwarna kuning.

Turut mendamping Oso, Sekjen Hanura Kodrat Shah. Mereka tiba di Kantor KPU RI sekitar pukul 10.05 WIB.