Berita

Pesan Khusus Nadiem Pada Hardiknas 2023

×

Pesan Khusus Nadiem Pada Hardiknas 2023

Sebarkan artikel ini
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, di Jakarta, Selasa (2/5/2023). Foto: ist.

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Upacara bendera memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023 yang berlangsung di Kantor Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dimeriahkan dengan pertunjukkan seni yang ditampilkan peserta didik dan pegiat seni budaya.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim dalam sambutannya menggarisbawahi peran kolaboratif seluruh elemen dalam ekosistem pendidikan yang bergotong royong mewujudkan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara untuk mewujudkan generasi emas Indonesia pada tahun 2045.

“Proses belajar yang menyenangkan dan memerdekakan akan melahirkan pembelajar sepanjang hayat dengan profil Pelajar Pancasila; yang berujung pada lahirnya generasi baru SDM unggul yang siap membangun Indonesia,” tuturnya di Jakarta pada Selasa (2/5/2023).

Salah satu pengisi acara yakni solois muda peraih juara 1 Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tahun 2022 yakni Farel Ibnu Dofi, siswa SMAN 1, Kota Bukittinggi, Provinsi Sumatra Barat, mengaku sangat senang dan bangga dapat tampil pada upacara bendera di hadapan Mendikbudristek.

Menurut Farel, sejatinya Hardiknas menjadi momentum yang bersejarah bagi bangsa Indonesia terutama peserta didik karena mengingatkan kembali nilai-nilai kebersamaan untuk saling mempererat kolaborasi dan semangat dalam mengenyam pendidikan.

5117
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Saya berpesan agar teman-teman tulus dan terus bersemangat dalam berkarya mengembangkan diri. Jangan malu untuk mengasah bakat dan minat tanpa meninggalkan kewajiban utama sebagai pelajar di bidang pendidikan,” pesan Farel yang mengenakan busana khas daerah Sumatra Barat.

Evi Susanti, ibunda Farel yang turut hadir mengaku bangga karena anaknya bisa tampil menyemarakkan peringatan Hardiknas tahun 2023. Ia menekankan bahwa dukungan orangtua terhadap keberhasilan anak-anak sangat penting agar mereka mampu mengembangkan bakat dan minat sesuai dengan keunikannya masing-masing secara optimal.

“Saya mengajak para orangtua untuk terus semangat mendorong anak-anaknya agar bisa berprestasi tidak hanya secara akademik namun juga dalam mengasah bakat dan minat,” tuturnya yang juga mengungkapkan rasa bangganya melihat perkembangan kemajuan sistem pendidikan di Indonesia.

Sementara itu, Menteri Pendidikan Nasional periode 2004 sampai dengan 2009, Bambang Sudibyo menegaskan kembali pentingnya peringatan Hardiknas yang rutin diselenggarakan setiap tanggal 2 Mei.

“Ini hari yang penting untuk menyegarkan semangat kita sebagai insan pendidikan. Pendidikan itu sangat penting dan kunci kemajuan bangsa terletak pada (mutu pendidikan) manusianya,” kata Bambang Sudibyo.