Berita

Kabupaten Asmat Memiliki Data Stunting Tertinggi di Papua Selatan

×

Kabupaten Asmat Memiliki Data Stunting Tertinggi di Papua Selatan

Sebarkan artikel ini
Rakerkesda PPS hari kedua di Merauke. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM – Persoalan stunting di Provinsi Papua Selatan menjadi perhatian serius. Angka stunting tertinggi capai 54,5 persen untuk Kabupaten Asmat. Diikuti Kabupaten Boven Digoel 37,2 persen, Merauke 29,6 persen dan Mappi 23,7 persen.

Pj Kepala Dinas Kesehatan PPS dr. Herlina menyebut, hampir semua di empat kabupaten di PPS punya persoalan stunting namun tertinggi ada di Asmat. Persoalan utama di Asmat adalah air bersih.

Penanganan stunting butuh kolaborasi antara OPD terkait selain Dinas Kesehatan, juga dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Dinas Tanaman Pangan, PUPR untuk sarana air bersih dan lainnya.

“Ini pekerjaan besar untuk Provinsi Papua Selatan. Rata-rata stunting masih di atas 14 persen. Untuk pencegahan penambahan angka butuh kolaborasi seluruh stakeholder,” sambung dr. Herlina.

Dalam Rapat Kerja Kesehatan Daerah PPS yang diselenggarakan dua hari ini di Swiss-belhotel Merauke juga membahas penanganan stunting dengan menghadirkan beberapa narasumber.

Dikatakan, perlu ada perubahan mekanisme penanganan kesehatan ibu dan anak menjadi lebih baik setelah pemekaran daerah selatan menjadi DOB.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *