Usai Libur Idul Fitri, Pemkot Bandung Benahi Trotoar

Proses perbaikan sejumlah trotoar di Kota Bandung. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan memperbaiki sejumlah trotoar usai libur Hari Raya Idulfitri ini. Untuk menjaga trotoar, Pemkot Bandung juga akan membentuk satuan tugas (satgas) trotoar, guna menertibkan dari parkir liar.

“Bentuklah satgas trotoar agar trotoar kita ini tidak terjamah untuk parkir,” kata Plh Wali Kota Bandung, Ema Sumarna, saat melakukan sidak ke kantor Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Bandung, Rabu (26/4/2023).

Ia berharap, trotoar yang dibenahi tak hanya di pusat-pusat kota, tapi juga menyisir seluruh wilayah Kota Bandung, seperti Jalan Terusan Buahbatu, Ujungberung, Cibiru, Cigondewah, dan Cibeureum.

“Ini wilayah kerja kita juga. Trotoar yang sudah ada itu wajib dipelihara, dan harus secara bertahap dimaksimalkan,” ujarnya.

Ia menginstruksikan, agar dipasang bolard (tiang pengaman yang ada di trotoar) agar kendaraan dan PKL tidak bisa seenaknya menggunakan trotoar.

Selain itu, fungsi blumbak (kotak untuk bagian pangkal pohon, untuk ruang pemupukan yang bisa dikasih air, sehingga akar bisa tumbuh sempurna) jika tak optimal, sebaiknya difungsikan penuh untuk trotoar pejalan kaki.

“Blumbak di trotoar yang rusak itu fungsikan saja sebagai trotoar. Kalau misal ada bollard silakan dipasang biar tidak dipakai parkir sembarangan, dan dijadikan lapak dagang PKL,” ungkapnya.

Selain itu, ia mengatakan, water barrier yang terdapat di beberapa titik sebaiknya dipermanenkan. Salah satunya, di Jalan Pasir Kaliki (Paskal).

“Water barrier di Jalan Paskal itu harus dipermanenkan. Karena tidak efektif pakai water barrier saja. Masih banyak yang suka geser-geser, biar bisa belok seenaknya,” tegas Ema.

Kemudian penerangan di taman-taman pun, ia harap bisa semakin dioptimalkan dengan memasang lampu high mast.

“Satu taman ada tiga lampu high mast. Jangan sampai taman-taman di Kota Bandung digunakan untuk tindakan kriminal,” harapnya.

<