Tingkatkan Kapasitas Kader, Ini yang Dilakukan TP PKK Kota Ambon

PJ Ketua TP PKK Kota Ambon, Lisa Wattimena, saat membuka kegiatan peningkatan kapasitas kader, di Kecamatan Leitimur Selatan, Rabu (12/4/2023). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Guna meningkatkan pelayanan pada Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), yang ada di seluruh kecamatan di Kota Ambon, maka TP PKK Kota Ambon menggelar kegiatan peningkatan kapasitas kader.

Kegiatan yang diikuti oleh Kader Posyandu, Bina Keluarga Balita (BKB), serta Kader Pembangunan Manusia (KPM) ini, dimulai di Kecamatan Leitimur Selatan, Rabu (12/4/2023).

“Kegiatan ini merupakan bentuk nyata TP PKK Kota Ambon dalam mendukung program Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, dalam rangka menurunkan angka stunting. Selain kader Posyandu, perlu juga dilakukan peningkatan kapasitas terhadap kader BKB, karena mereka yang akan langsung membina dan menyuluh keluarga yang memiliki balita,” kata PJ Ketua TP PKK Kota Ambon, Lisa Wattimena saat membuka kegiatan itu.

Dia mengaku, kegiatan peningkatan kapasitas kader sangatlah penting, untuk memberikan pengetahuan tentang tugas dan peran masing-masing kader, sehingga diharapkan ke depan pelayanan yang diberikan akan lebih baik.

“Layanan Posyandu harus didiukung oleh kader yang kredibel, yang siap berperan serta didalam layanan kesehatan, khususnya pelayanan dasar Posyandu, sehingga pelayanan dasar di Posyandu maupun BKB dapat berjalan maksimal,” terangnya.

Selain kader Posyandu dan BKB, kata Lisa, peningkatan kapasitas juga diberikan bagi KPM, yang telah dipilih melalui musyawarah desa untuk bekerja membantu Pemerintah Desa, dalam memfasilitasi masyarakat desa untuk merencanakan, melaksanakan dan mengawasi pembangunan Sumber Daya Manusia di desa.

“Diharapkan melalui kegiatan ini KPM di kota Ambon dapat memahami, dan memiliki kemampuan menjalankan tugas pokok dan fungsi yang diemban, sehingga apa yang direncanakan dalam upaya mengatasi permasalahan stunting dapat terwujud.

Untuk diketahui, kegiatan peningkatan kapasitas kader ini, menghadirkan narasumber dari Dinas Kesehatan dan Dinas Pengendalian Penduduk dan KB (DPPKB).