Berita

Polisi hingga Pihak Rumah Sakit Alia Siaga Kawal Mudik Malam Takbiran di Jaktim

×

Polisi hingga Pihak Rumah Sakit Alia Siaga Kawal Mudik Malam Takbiran di Jaktim

Sebarkan artikel ini
Aparat gabungan beserta tim medis bersiaga menjaga puncak mudik Lebaran malam takbiran di wilayah Jakarta Timur, Jumat (21/4/2023) malam. (foto: dok. TeropongNews).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Perawat dari Rumah Sakit (RS) Alia Echo Wahyu menyebutkan pada Jumat (21/4/2023) malam ini pihaknya bersama aparat gabungan tetap bersiaga mengawal momen arus mudik Lebaran 1444 Hijriah di wilayah Jakarta Timur (Jaktim).

“Sigap siaga kolaborasi tim emergency Alia Hospital Pondok Bambu Jakarta Timur, tim komunitas ambulans 33L Jakarta dan Satlantas Jaktim dalam pengamanan puncak arus mudik dan malam takbir,” kata Echo dalam keterangan tertulisnya kepada TeropongNews, Jumat malam ini.

Pihaknya juga bekerja sama dengan tim 33L, yaitu komunitas ambulans yang sudah bekerja sama dengan Satlantas Jaktim jika ada kecelakaan lalu lintas (laka lantas). Menurut dia, sejauh ini suasana masih kondusif.

Untuk Jumat hari ini Echo mengaku ditugaskan di wilayah Kebon Nanas. Sementara pada Kamis (20/4/2023) kemarin ia berjaga di Pos Terpadu Pangkalanjati, Jakarta Timur.

“Stay siaga,” kata dia.

Echo pun membagikan video saat tim gabungan pengawal mudik Lebaran ini melakukan apel pada malam hari. Dia menyebut apel malam ini dipimpin oleh Kanit Satlantas Kebon Nanas Jaktim Iptu Darwis.

Sebelumnya, Kepala Urusan Pembinaan Operasional Satlantas Jakarta Timur (Jaktim) AKP Danu Prakoso mengimbau kepada para pemudik yang lelah mengendarai sepeda motor, bisa beristirahat di Pos Terpadu Pangkalan Jati, Kalimalang, Jaktim.

Selain beristirahat, di Pos Terpadu Pangkalan Jati ini pemudik juga bisa memeriksa kesehatannya sebelum melanjutkan kembali perjalanan mudik ke kampung halaman.

“Kita siapkan di pos terpadu ini, kami persilakan pemudik khususnya bagi pengendara sepeda motor yang akan beristirahat, kita siapkan,” kata AKP Danu saat ditemui TeropongNews di Pangkalan Jati, Jakarta Timur, Rabu (19/4/2023) malam.

“Lalu, di sini juga ada toilet portable yang disiapkan dari kecamatan,” ujar dia lagi.

AKP Danu pun menjelaskan, terdapat empat pos pengamanan atau pospam di sepanjang Jalan Raya Kalimalang. Tiga di antaranya merupakan pos pantau. Sementara satu lagi adalah pos terpadu.

Dikatakannya, pospam itu didirikan di traffic light (TL) Universitas Borobudur, TL Radin Inten, dan TL Haji Naman.

“Satu pos terpadu ada di Pangkalan Jati,” ucapnya.

Adapun pihak-pihak yang bersiaga di Pos Terpadu Pangkalan Jati ini di antaranya melibatkan pihak polsek, satuan polisi pamong praja (Satpol PP), TNI, dinas perhubungan (Dishub), Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur, Damkar, hingga Pramuka.

“Kita bersinergi, bergabung dengan jajaran rekan-rekan yang lain,” ujar AKP Danu.