Berita

Pemprov DKI Kerahkan Ribuan Petugas DLH Jaga Kebersihan Saat Libur Lebaran

×

Pemprov DKI Kerahkan Ribuan Petugas DLH Jaga Kebersihan Saat Libur Lebaran

Sebarkan artikel ini
Petugas dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta saat sedang membersihkan sampah. (Foto : ppid.jakarta.go.id).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta akan menyiagakan 3.000 petugas kebersihan saat malam takbiran hingga Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah, untuk memastikan ibu kota tetap bersih selama libur hari raya dan membantu penanganan kebersihan masjid-masjid besar di Jakarta.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto mengatakan, selain ribuan personel, pihaknya juga menyiagakan ratusan truk sampah dan 85 unit kendaraan penyapu jalan otomatis atau road sweeper.

“Kami siagakan sekitar 70 petugas di setiap kecamatan. Lebih dari 3.000 personel di seluruh Jakarta yang bertugas saat malam takbiran hingga hari H Idulfitri. Termasuk TPST Bantargebang yang tetap melakukan pelayanan selama libur Lebaran,” kata Asep dalam keterangan resminya dikutip TeropongNews, Sabtu (14/4/2023).

Kemudaian Asep mengungkapkan DLH juga telah menyiapkan personel dan sarana untuk penanganan sampah di lokasi stasiun dan terminal. Sejak H-4, Satuan Pelaksanan Lingkungan Hidup Kecamatan dan pengemudi truk sampah juga telah diinstruksikan untuk melakukan pengosongan Tempat Penampungan Sampah Sementara (TPS) di seluruh wilayah Jakarta.

Langkah ini dilakukan agar TPS dapat menampung sampah dengan kapasitas maksimal tepat saat hari Lebaran dan H+1 Lebaran.

“Sampah jika lebih dari tiga hari berdiam di TPS sudah mulai membusuk dan membuat tidak nyaman lingkungan. Kita menghindari itu, sehingga kondisi lingkungan sekitar TPS tetap nyaman, tidak berbau menyengat, serta menghindari berkembangnya lalat dan vektor penyakit lainnya,” kata Asep.

“Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, kami sudah mengantisipasi peningkatan tersebut. H+7 sampai dengan H+9 operasional pengangkutan sampah akan sangat optimal,” tutur Asep.

TPST Bantargebang tempat diprosesnya sampah Jakarta pun tetap beroperasi 24 jam selama libur dan cuti bersama Idulfitri 1444 H. Sebanyak 250 personel ditugaskan piket di tempat pengelolaan sampah TPST Bantargebang selama libur lebaran.

Berdasarkan data DLH, rata-rata per hari berat sampah yang dikirim ke TPST Bantargebang pada kondisi normal berkisar 7.400-7.700 ton per hari dengan 1.300-1.400 rit truk sampah.