Berita

Jasa Marga: One Way dari GT Kalikangkung hingga GT Cikampek Berakhir Kamis Malam

×

Jasa Marga: One Way dari GT Kalikangkung hingga GT Cikampek Berakhir Kamis Malam

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi one way dari GT Kalikangkung hingga GT Cikampek Utama 2. (foto: dok. Jasa Marga).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengatakan atas diskresi kepolisian, pihaknya memperpanjang waktu rekayasa lalu lintas one way dari Kilometer (Km) 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang sampai dengan Km 72 Cikampek dari semula Rabu (26/4/2023) hingga Kamis (27/4/2023) pukul 24.00 WIB.

Lisye menuturkan, berdasarkan pantauan visual CCTV dan laporan petugas kepolisian, volume lalu lintas kendaraan di Tol Transjawa menuju ke Jakarta, masih terus meningkat pada Rabu (26/04) pukul 24.00 WIB. Maka itu one way perlu dilanjutkan hingga Kamis malam.

“Selain one way, saat ini juga masih diberlakukan contraflow dua lajur dari Km 72 Cikampek sampai dengan Km 47 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta,” kata Lisye dalam keterangannya kepada wartawan di Jakarta, dikutip Kamis (27/4/2023).

Lisye mengatakan one way diperkirakan akan berakhir pada Kamis ini pukul 24.00 WIB. Namun, ditegaskannya, apabila pada periode waktu tiga jam sebelum jadwal pengakhiran tersebut masih terdapat peningkatan volume lalu lintas yang signifikan dari arah Tol Transjawa ke Jakarta, maka one way dapat dilanjutkan kembali.

“Untuk pengguna jalan dari arah Jakarta menuju arah Transjawa, akan dialihkan ke luar di GT Cikampek Km 72 dan melanjutkan perjalanannya melalui jalan nasional Pantura. Sementara untuk rute pengguna jalan dari arah Jakarta menuju Bandung melalui Jalan Tol Cipularang masih berlaku normal,” ujar dia.

Lisye mengimbau ke pengguna jalan tol agar selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu, dan ikuti arahan petugas di lapangan.

Dia juga mewanti-wanti kepada pengendara dalam arus balik Lebaran ini harus memastikan kecukupan perbekalan, saldo e-Toll dan Bahan Bakar Minyak (BBM) sebelum memasuki jalan tol agar perjalanan lebih nyaman.

“Siapkan saldo e-toll minimal Rp500.000 untuk perjalanan dari Semarang ke Jakarta untuk menghindari kekurangan saldo saat melakukan transaksi di GT Cikampek Utama,” tutur Lisye.

Dia menambahkan, pada periode arus balik ini Jasa Marga bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) lainnya juga akan memberikan diskon tarif 20% untuk pengendara yang melintasi Jalan Tol Transjawa ke arah Jakarta.

“Diskon ini berlaku untuk perjalanan menerus dari Semarang sampai Jakarta, dengan melakukan tap in di GT Kalikangkung dan tap out di GT Cikampek Utama,” ucapnya.

Adapun besaran tarif setelah diskon adalah Rp297.600 untuk kendaraan golongan I, semula Rp 372.000.

Jasa Marga juga memberikan diskon 20% bagi pengguna jalan dari atau menuju arah Bandung untuk tarif tol terjauh Jakarta-Cikampek di GT Kalihurip Utama, sebesar Rp 16.000 untuk kendaraan golongan I dari semula Rp 20.000.

“Diskon 20% untuk periode arus balik ini akan mulai diberlakukan pada Kamis (27/4/2023) pukul 06.00 WIB hingga Sabtu (29/4/2023) pukul 06.00 WIB,” kata Lisye.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *