Guna Antisipasi Tindak Pelecehan Seksual, KCI Pasang CCTV Tambahan di Tiap Stasiun

Vice President Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba. (foto: Mohammad Ivan/TN).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Guna mengantisipasi terjadinya pelecehan seksual kepada pengguna jasa kereta api, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) telah memasang CCTV di beberapa stasiun untuk mencegah terjadinya tindakan seksual yang tidak diinginkan.

“Kami sudah menambah fasilitas CCTV analitic di beberapa stasiun untuk memudahkan mengantisipasi khususnya pelecehan seksual, pencopet dan hal lain yang dapat mengganggu kenyamanan pengguna,” ujar Anne di Stasiun Jakarta Kota, Selasa (25/4/2023).

Selain itu, Anne mengatakan pihaknya telah berkoordinasi aparat TNI-Polri untuk mengawasi area rawan terlebih di stasiun padat pengguna.

“Kami melakukan koordinasi juga dengan TNI-Polri, kalau teman-teman melihat di beberapa stasiun padat itu ada petugas dari TNI-Polri yang kita siapkan dan dari petugas-petugas kami,” ucap Anne Purba.

Anne juga memgimbau kepada orang tua untuk mengawasi putra-putrinya saat menggunakan jasa kereta api lantaran saat ini mayoritas pengguna adalah anak-anak.

“Kami melihat pengguna kami mayoritas anak-anak yang tiga hari terakhir, sehingga kami mengedukasi agar orang tua juga melakukan pengawasan ketat kepada anak-anak,” kata Anne memungkasi.

<