Berita

Brigjen Endar Melawan, Laporkan Firli Bahuri ke Dewas KPK

×

Brigjen Endar Melawan, Laporkan Firli Bahuri ke Dewas KPK

Sebarkan artikel ini
Mantan Direktur Penyelidikan KPK Brigjen Pol. Endar Priantoro. (foto: Antara)

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Brigjen Pol. Endar Priantoro melaporkan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri ke Dewan Pengawas KPK terkait pencopotan dirinya sebagai direktur penyelidikan lembaga antirasuah.

“Yang saya laporkan adalah terkait dengan keputusan Sekjen KPK tanggal 31 Maret 2023, yang pada prinsipnya menetapkan bahwa saya diberhentikan dengan hormat sebagai Direktur Penyelidikan KPK terhitung sejak 1 April 2023,” kata Endar kepada wartawan di Jakarta, dikutip Kamis (6/4/2023).

Endar mengatakan sudah tiga tahun ini ia bertugas di KPK. Penugasan diberikan oleh Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo. Menjelang berakhirnya masa penugasan di KPK, kata dia, Polri selalu memberikan surat terkait penugasan tersebut.

Jenderal Polri bintang satu tersebut juga mengaku telah menerima surat perpanjangan penugasan di KPK dari Kapolri. Namun, pimpinan KPK memutuskan untuk tetap mencopot Endar dari jabatannya dan memulangkannya ke Korps Bhayangkara.

“Ini sudah diperpanjang, tapi tanpa alasan yang jelas saya juga enggak tahu pertimbangannya apa. Nanti akan kami uji pertimbangan pimpinan KPK apa, sekjen lalu mengeluarkan SK. Itu nanti akan kami uji, baik di Dewas maupun di lintas hukum yang lainnya,” ucapnya.

Diketahui, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo kembali menyurati Firli Bahuri terkait jawaban atas pengembalian anggota Polri untuk bertugas di lingkungan KPK.

Surat jawaban itu teregistrasi dengan Nomor: B/2725/IV/KEP./2023 yang ditandatangani Listyo Sigit pada Senin, 3 April 2023, berisi keputusan untuk tetap mempertahankan atau menugaskan Brigjen Pol. Endar Priantoro sebagai Direktur Penyelidikan KPK.

Dalam surat balasan tersebut, Listyo Sigit menyampaikan kepada pimpinan KPK terhadap penghadapan kembali Brigjen Pol. Endar Priantoro yang melaksanakan penugasan sebagai Direktur Penyelidikan KPK.

Selain itu, surat tersebut juga menyampaikan Polri sedang mempersiapkan calon-calon terbaik untuk pengisian deputi Bidang Penindakan dan Eksekusi KPK.

Merespons itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) KPK Cahya H. Harefa mengatakan pihaknya telah mengirimkan surat penghadapan kembali kepada Polri pada 30 Maret 2023 dan memberhentikan dengan hormat Brigjen Pol. Endar Priantoro dari jabatannya sebagai Direktur Penyelidikan KPK.

“Di mana masa tugas Bapak Endar P. di KPK berakhir pada 31 Maret 2023,” ujar Cahya.