Berita

Perempuan Harus Menyukseskan Pemilu Serentak 2024

×

Perempuan Harus Menyukseskan Pemilu Serentak 2024

Sebarkan artikel ini
Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Pemprov Kalsel, Husnul Hatimah. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, BANJARBARU – Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Husnul Hatimah mengikuti Rapat Webinar dengan tema, Peran Organisasi Masyarakat (Ormas) Perempuan dalam rangka Peningkatan Partisipasi Politik dalam Mendukung Suksesnya Pemilu Tahun 2024.

Webinar ini dilaksanakan oleh Direktorat Organisasi Kemasyarakatan Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum (Ditjen Polpum) Kementerian Dalam Negeri, secara daring melalui zoom meeting.

“Kegiatan ini tentunya bentuk sinergitas Pemerintah Pusat dan daerah untuk menyukseskan pemilu, kali ini menghadirkan para pembicara perempuan-perempuan hebat baik dari Kementerian dari lembaga ataupun juga penyelenggara Pemilu itu sendiri,” ujar Husnul Hatimah saat webinar tersebut, Selasa (7/3/2023).

3570
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Beberapa pesan disampaikan oleh narasumber pada webinar tersebut, seperti jumlah perempuan cukup banyak hampir berimbang dengan laki-laki.

Demikian juga dengan Ormas, kemudian juga perempuan banyak yang mempunyai potensi tetapi akses untuk menjadi Calon Legislatif sangat minim.

“Pemerintah sudah membuat suatu beberapa kebijakan, terkait dengan bagaimana untuk melibatkan perempuan di dalam politik, agar mencukupi dengan kuota 30 persen,” lanjut Husnul Hatimah.

Hingga saat ini, kuota 30 persen masih belum terpenuhi, disebabkan berbagai kendala, baik dari perempuan itu sendiri ataupun akses dari partai politik untuk dapat memberikan kesempatan kepada perempuan.

“Peran perempuan dan ormas perempuan perlu diberikan edukasi, untuk memberikan dukungan dengan memberikan edukasi, yaitu dengan melakukan edukasi terhadap organisasi masyarakat terhadap partai politik, ataupun juga dari pemerintah daerah dan juga dari penyelenggara Pemilu,” katanya.