Berita

Pastikan Harga Bapok Stabil, Wali Kota Bandung Tinjau Pasar Baru

×

Pastikan Harga Bapok Stabil, Wali Kota Bandung Tinjau Pasar Baru

Sebarkan artikel ini
Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, saat meninjau Pasar Baru, Rabu (15/3/2023). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, BANDUNG – Wali Kota Bandung, Yana Mulyana memastikan, kebutuhan pokok di Kota Bandung menjelang Bulan Suci Ramadan relatif aman dan tersedia.

1550
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Selain tersedia, Yana juga memastikan harga kebutuhan bahan pokok juga relatif stabil. Hal itu diperoleh Yana setelah meninjau Pasar Baru, Rabu (15/3/2023).

“Alhamdulillah beberapa bahan kebutuhan pokok itu kalau soal stok relatif semua aman,” tutur Yana di sela-sela peninjauan.

Yana mengungkapkan, meskipun beberapa bahan pokok yang naik seperti telur ayam dan cabai rawit, tetapi masih relatif stabil.

“Ada kenaikan harga komoditas seperti telur ayam dan cabai rawit, tetapi yang lain (bahan pokok) relatif stabil. Tadi kalau dilihat rata-rata kenaikan harga telur sekitar Rp2.000 – Rp.3.000. Sepekan ini karena orang mulai bikin kue kering. Suplai banyak tapi kebutuhan juga meningkat. Mungkin dari hulunya ada kenaikan,” kata dia.

Yana juga memastikan stok beras dan minyak goreng masih mencukupi. Pada peninjauan tersebut, Dinas Ketahan Pangan dan Pertanian (DKPP) melakukan pengujian kelayakan konsumsi terhadap sejumlah komoditas.

Hasilnya, tidak terdapat pewarna maupun pengawet serta aman dikonsumsi. “Di tes oleh DKPP, beras tidak ada pewarna, daging fresh tidak ada pestisida. Aman untuk dikonsumsi,” tuturnya.

Di luar itu, Yana berpesan kepada para pedagang, untuk memberikan harga yang wajar dan tidak menahan barang.

“Pedagang jangan tahan barang, berikan harga wajar saja. Jangan berlebihan, jangan ada ‘panic buying’ supaya tetap terkendali,” katanya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung, Elly Wasliah mengatakan, kenaikan harga telur ayam, akibat peningkatan permintaan.

“Harga telur itu Rp29.000 per kilogram. Ada kenaikan di atas HET, sebesar Rp2.000. Kata pedagang, baru tiga hari terakhir harga menjadi Rp27.000,” ujar dia.

“Kota Bandung itu banyak wisata kuliner, kue kering, kue basah sehingga stok telur ada peningkatan permintaan,” tambah dia sembari menambahkan, untuk harga daging sapi dan daging ayam, Elly menyatakan, normal.

Berikut beberapa harga bahan pokok di Kota Bandung:

  1. Cabai rawit merah Rp70.000
  2. Bawang merah Rp40.000
  3. Bawang putih Rp25.000 – Rp30.000
  4. Daging ayam Rp33.000 – Rp35.000
  5. Daging sapi Rp130.000 – Rp150.000
  6. Telur ayam Rp29.000.