M Kuncoro Mengundurkan Diri dari Dirut, Begini Respon TransJakarta

Bis TransJakarta. (Foto : Pierre Ombuh/TN)

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Direktur Utama (Dirut) PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) M Kuncoro Wibowo dikabarkan mundur dari jabatannya. Hal ini dibenarkan oleh Kepala Divisi Sekertaris TransJakarta Apriastini Bakti, dengan mengatakan sudah sudah tidak bekerja sejak Senin (13/3/2023).

“Ya benar, beliau mengundurkan diri dari Dirut TransJakarta per hari ini,” kata Apriastini dikutip TeropongNews, di Jakarta, Rabu (15/3/2023).

Kendati demikian, Apriastini tidak mau menjelaskan perihal mundurnya M Kuncoro dari Dirut TransJakarta. Lalu, ia kembali mengatakan dapat ditanyakan langsung kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov DKI Jakarta) untuk lebih jelasnya.

“Kalau untuk alasan, silahkan tanya ke Pemprov ya,” tutur Apriastini memungkasi.

Di lain pihak, Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Manuara Siahaan, telah mendapatkan informasi serupa terkait pengunduran M Kuncoro dari jabatannya. Namun, Politis PDIP ini belum mengetahui informasi resmi yang lebih rinci.

“Iya betul ada info seperti itu, saya nggak tahu resminya seperti apa tapi informasinya begitu,” ujar Manuara saat dikonfirmasi awak media Senin kemarin dikutip TeropongNews, Selasa (14/3/2023).

Kemudian Manuara menjelaskan, belum mengetahui kinerja M Kuncoro selama menjabat. Itu disebabkan, ia baru 2 bulan menduduki jabatan tersebut.

“Gimana mau kami nilai kinerjanya, baru beberapa bulan,” tuturnya.

Hal ini diperparah dengan tidak adanya komunikadi kepada DPRD khususnya komisi B. Itu dibuktikan dengan ditundanya agenda rapat bersama, sebanyak 2 kali.

“Rapat saja belum pernah, rapat diundur-undur dua kali,” ungkap Manuara lebih lanjut.

Meski begitu, Manuara tidak mengetahui alasan rapat itu ditunda. Dia menyarankan agar menanyakan persoalan itu kepada Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Ismail selaku yang memimpin rapat kerja dengan eksekutif.

“Nggak tahu saya, pokoknya kalau rapat diundur ada sesuatu, kira-kira gitu,” imbuh Manuara.

Diketahui sebelumnya, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengganti Dirut PT TransJakarta yang semula diemban M Yana Aditya lalu dipegang M Kuncoro Wibowo, yang kemudian mengundurkan diri Senin kemarin.