Lampu Merah di Simpang Ahmad Yani-Mandala Merauke Segera Diperbaiki

Bupati Merauke, Romanus Mbaraka.Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM. MERAUKE – Kerusakan lampu merah di simpang Jalan Ahmad Yani dan Jalan Raya Mandala depan Senyum Lima Ribu Kota Merauke, Papua Selatan segera diperbaiki.

Demikian pernyataan singkat ini disampaikan Bupati Merauke, Romanus Mbaraka, Jumat (17/3/2023). Sebagaimana diketahui bersama, kerusakan lampu merah salah satunya yang ada di persimpangan Jalan Ahmad Yani dan Jalan Raya Mandala depan Senyum Lima Ribu sudah tidak berfungsi sejak akhir 2022.

Hingga memasuki bulan ketiga tahun 2023, kondisi lampu masih sama tidak ada perkembangan, sementara dengan padamnya lampu telah mengakibatkan banyak pengendara sepeda motor yang mengalami kecelakaan di titik tersebut.

“Lampu merah dan rambu jalan segera kita perbaiki,” singkat ucapan Romanus Mbaraka saat dikonfirmasi ketika berada di Dinas Perhubungan Merauke.

Kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perhubungan, M. Ramli minta pengertian masyarakat sebab kewenangan untuk memperbaiki itu ada pada Balai Lalu Lintas Darat di Sorong. Dishub Merauke tidak bisa berbuat banyak sebab posisi jalan di tempat lampu berada adalah jalan nasional dan bukan kewenangan daerah.

“Masih dalam proses perbaikan dan saya kasi masukan supaya menggunakan alat yang berkualitas agar bertahan lama,” kata Ramli.

Diungkapkan, perbaikan akan diubah dengan sambungan tidak langsung karena bermasalah dengan jaringan listrik. Selain itu penyebab lainnya adalah dirusak orang tidak bertanggung jawab.