Berita

KPK Periksa LHKPN Eko Darmanto, Eks Pejabat Bea Cukai Yogyakarta yang Kerap Pamer Kemewahan

×

KPK Periksa LHKPN Eko Darmanto, Eks Pejabat Bea Cukai Yogyakarta yang Kerap Pamer Kemewahan

Sebarkan artikel ini
Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri di gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (7/3/2023). (Foto:Ivan/TN).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Kepala Bagian Pemberitaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri membenarkan pihaknya telah memeriksa Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Eks Pejabat kantor Bea Cukai Yogyakarta, Eko Darmanto di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (7/3/2023).

“Hari ini ada klarifikasi terhadap ED (Eko Darmanto) dari jam 09.00 WIB tadi,” kata Ali di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (7/3/2023).

Ali menerangkan, saat ini pihaknya masih melakukan pemeriksaan menyeluruh guna memastikan Eko terbukti bersalah atau tidak. Proses pemeriksaan yang dilakukan tim penyidik KPK terhadap Eko merupakan tahap awal untuk mengumpulkan bukti tambahan.

“Tentu klarifikasi ini dilakukan dari tim penyidik KPK. Kemudian dilakukan pemeriksaan terhadap LHKPN milik ED, KPK memiliki metode pemeriksaan salah satunya klarifikasi dan kemudian bisa dilakukan secara berkala untuk kebutuhan tertentu,” tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, Mantan Kepala Bea Cukai Yogyakarta, Eko Darmanto memenuhi panggilan KPK untuk diperiksa lantaran kerap mengunggah gaya hidup hedon di media sosial, Selasa (7/3/2023).

5530
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Menurut pantauan tim TeropongNews, Eko Cs datang tiba di gedung KPK pukul 07.45 WIB dengan mengenakan masker biru serta kemeja biru, Selasa.

Gelagatnya juga tidak ekspresif, dia duduk tenang sambil memainkan ponselnya menunggu proses pemeriksaan berlangsung. Setelah menunggu selama satu jam lebih, Eko pun masuk menuju lorong dalam didampingi petugas KPK.

Eko Darmanto memang kerap pamer foto mewah mulai dari kendaraan pribadi serta gaya hidup di instagram pribadi miliknya @eko_darmanto_bc. Melalui akun itu, Ia kerap memamerkan kendaraan pribadi seperti moge Harley Davidson, Mobil Mercedes Benz, mobil antik, hingga pesawat jenis cessna.

Eko tercatat memiliki total kekayaan sebesar Rp 6,72 miliar per 31 Desember 2021 menurut Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Adapun Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara memerintahkan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai untuk mencopot Kepala Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto dari jabatannya pada Rabu (1/3/2023).