Berita

Kolaborasi Bank DKI dengan Kemenko Perekonomian, Dorong Akses Pembiayaan KUR Bagi Generasi Muda

×

Kolaborasi Bank DKI dengan Kemenko Perekonomian, Dorong Akses Pembiayaan KUR Bagi Generasi Muda

Sebarkan artikel ini
Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari Bank DKI yang berkolaborasi dengan Kemenko Perekonomian RI diterima oleh Veny Oktaviani. (Foto : Bank DKI).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Bank DKI berkolaborasi dengan Kemenko Perekonomian RI menggelar kegiatan KUR Festival bertajuk ‘SUPER GEN-CREATION: ANAK MUDA SEJAHTERA BERSAMA KUR!’. Sebagai bentuk dukungan program Pemerintah khususnya akses Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Gedung Sate, Bandung pada 17-18 Maret 2023

Acara ini ditujukan kepada generasi muda yang tertarik mengakses informasi pembiayaan untuk pengembangan dibidang usaha tersebut.

Mewakili Direktur Utama Bank DKI, Fidri Arnaldy, pada kesempatan yang sama, Direktur Kepatuhan Bank DKI, Ateng Rivai mengatakan partisipasi Bank DKI dalam acara ini merupakan komitmen dalam mendorong pemberdayaan UMKM khususnya generasi muda.

Lebih lanjut, Ateng mengatakan partisipasi Bank DKI agar dapat membuka ruang kepada para pelaku UMKM, khususnya gen-Z dalam rentang usia antara 18 hingga 25 tahun. Sehingga bagi mereka yang tertarik pada informasi akses pembiayaan KUR, dapat membantu pertumbuhan bisnis dan berdampak luas pada pertumbuhan ekonomi.

“Bank DKI berkomitmen penuh memaksimalkan penyaluran KUR sebagai perluasan akses permodalam bagi UMKM,” ujar Ateng dikutip TeropongNews, di Jakarta, Jumat (24/3/2023).

Sebagai informasi, Bank DKI mencatatkan penyaluran KUR pada tahun 2022 mencapai sebesar 100% dari kuota atau sebesar Rp1,15 Triliun kepada kurang lebih 6.023 pelaku usaha UMK dan Mikro.

Direktur Utama Bank DKI, Fidri Arnaldy, melalui keterangan tertulis menyampaikan sebagai salah satu bank penyalur KUR, Bank DKI tidak hanya berkomitmen untuk meningkatkan akses pembiayaan, melainkan mendorong pemberdayaan dan pendampingan bagi UMKM untuk terus tumbuh dan berkembang dalam menopang perekonomian berskala nasional.

Adapun untuk tahun 2023, Bank DKI mendapatkan porsi sebesar Rp2,8 Triliun dengan rincian alokasi konvensional sebesar Rp2 triliun, dan Syariah sebesar Rp800 miliar.

Pemerintah melalui Komite Kebijakan Pembiayaan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terus berupaya untuk menghasilkan kontribusi pertumbuhan ekonomi yang optimal. Hal ini juga selaras dengan momentum bonus demografi yang sekarang ini dialami Indonesia sampai dengan tahun 2030.

Untuk mencapai target penyaluran KUR pada tahun 2023 yang ditingkatkan menjadi Rp450 triliun, pemerintah terus memperkuat sinergi dan dukungan dari berbagai pihak, baik Pemerintah Daerah, Pelaku UMKM, Penyalur KUR, Penjamin KUR, Asosiasi, Akademisi maupun BPJS Ketenagakerjaan, salah satunya melalui kegiatan KUR Festival ini.

Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya acara KUR Festival 2023 dan antusias masyarakat Bandung dan sekitarnya khususnya generasi muda atas informasi KUR yang disampaikan oleh Bank DKI.

“Bank DKI juga menyediakan e-form dan aplikasi digital lending sebagai bagian proses digitalisasi dalam rangka memaksimalkan proses kredit dan pembiayaan bagi nasabah,” Tutup Arie.

Perlu diketahui, acara tersebut dihadiri oleh Sekretaris Kementerian Koordinator (Sesmenko) Bidang Perekonomian Republik Indonesia Susiwijono Moegiarso, dan Gede Edy Prasetya Asisten Deputi Pasar Modal dan Lembaga Keuangan, Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian RI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *