Berita

Hari Kesatuan Gerak PKK ke 51 di Merauke Dilakukan Pemotongan Tumpeng

×

Hari Kesatuan Gerak PKK ke 51 di Merauke Dilakukan Pemotongan Tumpeng

Sebarkan artikel ini
Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Merauke, Ny. Imelda L Mbaraka serahkan tumpeng ke Wabup Merauke. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Tim Penggerak PKK Kabupaten Merauke peringati Hari Kesatuan Gerak PKK ke 51 tahun 2023 dengan pemotongan tumpeng di GOR Head Sai.

1544
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Dalam puncak Hari Kesatuan Gerak PKK ini dihadiri Wakil Bupati Merauke, H. Riduwan mewakili Bupati Merauke, Romanus Mbaraka sekaligus memberikan spirit untuk terus maju kepada PKK tingkat kabupaten hingga distrik dan kampung.

Sesuai tema kali ini yakni ‘Bergerak bersama menuju keluarga sejahtera dan tangguh wujudkan Indonesia tumbuh,’ maka Tim Penggerak PKK harus mampu tingkatkan kebersamaan dalam mewujudkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat untuk mendukung Indonesia tumbuh menuju Indonesia maju.

“PKK lebih inovatif melalui program PKK untuk bergerak maju dan semangat mendukung program pemerintah,” ucap Ketua Tim Penggerak PKK Merauke, Ny. Imelda L Mbaraka dengan membacakan sambutan Ketua Tim Penggerak PKK Pusat, Ny. Tri Tito Karnavian, Kamis (30/3/2023).

Ditegaskan, Tim Penggerak PKK sebagai mitra kerja pemerintah harus menjadi pelopor dan pembawa inspirasi serta mendukung berbagai aspek pembangunan. Berbagai kegiatan pembangunan salah satunya penurunan stunting dapat didukung oleh PKK yang dimulai dari dalam keluarga.

Diingatkan pula, bahwa saat ini kita berada pada era demokrasi diiringi arus globalisasi dan perkembangan teknologi maka semua pihak berkolaborasi tetap menjaga kebersamaan dengan semua kalangan, salah satunya adalah PKK. Selain itu, Kader PKK diberikan bimbingan dan difasilitasi agar fungsi dan program PKK tetap berjalan dan selaras dengan program pemerintah.

Pemkab Merauke mengapresiasi Tim Penggerak PKK di Merauke atas dukungan yang dilakukan guna mensejahterakan keluarga dan masyarakat. “Seluruh program sangat bagus, terencana, terkoneksi dengan program pemerintah. Saya berharap sebagai tim penggerak PKK semakin maksimal menyentuh dan meningkatkan semangat wanita sampai di tingkat kampung,” kata Wakil Bupati Merauke, H. Riduwan.

Dikatakan, Penggerak PKK harus memahami 10 program PKK dan masing-masing mampu menjalankan program tersebut melalui kerjasama yang baik dari jenjang tertinggi sampai terkecil. Wabup juga berharap PKK lebih berperan dalam menurunkan angka stunting di Merauke, terutama di kampung-kampung yang notabene masih banyak kasus stunting pada anak.

“Ada 20 kampung di Merauke didominasi kasus stunting. Tahun 2024 tidak ada lagi stunting dan ini butuh peran bersama. Untuk itu, dana kampung diharapakan disisipkan untuk PKK agar bisa jalankan program di kampung.”

Lanjut Wabup tegaskan agar generasi penerus juga disiapkan untuk menjadi pelaku pembangunan masa depan dengan syarat wajib mereka disekolahkan.

Wakil Tim Penggerak PKK Kabupaten, Ny Al-Maratu Solikah dan segenap pengurus dan perwakilan PKK se Kabupaten Merauke serta tamu undangan turut meriahkan momen tersebut.