Berita

Elektabilitas Cak Imin Masuk 5 Besar di Survei PolMark Indonesia, PKB: Kinerja Partai dan Relawan

×

Elektabilitas Cak Imin Masuk 5 Besar di Survei PolMark Indonesia, PKB: Kinerja Partai dan Relawan

Sebarkan artikel ini
Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid usai menghadiri rilis survei opini publik yang diselenggarakan PolMark Indonesia bertajuk 'Peta Kompetisi Menuju Pilpres 2024 : Agregasi 78 Survei Dapul' dikawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (30/3/2023). (Foto : Pierre Ombuh/TN).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid mengatakan elektabilitas sosok Muhaimin Iskandar atau biasa disapa Cak Imin sedang mengalami tren positif. Hal ini dapat terlihat dari hasil survei PolMark Indonesia yang menempatkan Cak Imin diposisi lima besar bursa capres dengan memiliki elektabilitas tertinggi.

“Ketua Umum PKB menempati urutan lima artinya kinerja partai, relawan semakin menunjukkan hasilnya,” kata Jazilul saat menghadiri rilis survei opini publik yang diselenggarakan PolMark Indonesia bertajuk ‘Peta Kompetisi Menuju Pilpres 2024 : Agregasi 78 Survei Dapul’ dikawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (30/3/2023).

Menurut Jazilul dengan waktu pendaftaran pilpres 2024 yang tinggal menyisakan hitungan bulan, Dirinya akan terus menaikkan tren positif ini dengan mendongrak kembali elektabilitas Cak Imin khususnya di bulan Ramadan tahun ini.

“Kareba pendaftaran pilpres kurang enam bulan lagi, masih ada waktu. Kamu akan genjot di bulan Ramadan ini,” ujar Jazilul.

“Nantu di bulan Juni kita akan lihat lagi, kira-kira sampai di mana elektoral Pak Muhaimin,” sambung Jazilul.

Kemudian Jazilul sangat berharap dengan kinerja para jajaran pengurus, anggota dan relawan PKB, suapaya dapat terus berkontribusi agar Cak Imin dapat menjadi calon kuat Presiden ditahun depan.

“Kalau selama ini beliau tetap dianggapnya sebagai calon wakil presiden. Tapi mandat utama beliau adalah calon presiden, bukan calon wakil presiden,” pungkas Jazilul.

Sebagai informasi, Lembaga Riset PolMark Research Center merilis Survei Opini Publik dari laporan hasil agregasi 78 survei Daerah Pemilihan (Dapil) sebagai peta kompetisi menuju Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Secara elektabilitas, ada tiga nama capres yang menduduki posisi tiga besar dengan nilai tertinggi dari hasil survei yakni Ganjar Pranowo dengan 22,8 persen, Prabowo Subianto dengan 17,4 persen dan Anies Baswedan dengan 13,9 persen.

Sementara itu untuk posisi empat hingga enam ditempati Ridwan Kamil dengan nilai 5,2 persen, Abdul Muhaimin Iskandar dengan 4,8 persen, Sandiaga Salahuddin Uno dengan 2,0 persen. Lalu untuk posisi tujuh hingga sembilan ditempati Puan Maharani dengan nilai 1,7 persen, Agus Harumurti Yudhoyono dengan 1,7 persen dan Khofifah Indar Parawansan 1,3 persen.

Perlu diketahui, ke-78 survei meliputi 62.480 responden diantaranya 77 survei Dapil diadakan dari 23 Januari sampai 19 Maret 2023 dan 1 surveinya diadakan lebih awal, yaitu 26 Oktober sampai dengan 3 November 2022.

Lalu, ke-78 Dapil yang disurvei meliputi populasi sebesar 97,8 persen dari seluruh potensi pemiluh Pemilu 2024 dan di 78 Dapil ini juga diperebutkan 562 kursi 96,9 persen dari 580 kursi DPR RI 2024-2029.