Archipelago Food Festival Bakal Sajikan Kuliner Khas Nusantara di Aston Sorong

Archipelago International saat konferensi pers di Aston Hotel Sorong. (Foto:IST/TN)

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Archipelago International, grup manajemen hotel swasta terbesar di Asia Tenggara. Archipelago Food Festival (AFF) menggelar AFF pertamanya di Papua pada 10 Maret di ASTON Sorong Hotel and Conference Center.

AFF adalah program unggulan Archipelago International di mana beberapa hotel di bawah naungannya menggelar acara kuliner dengan tema yang berbeda.

Acara ini merupakan kesempatan bagi publik untuk mencicipi hidangan berkualitas tinggi yang disiapkan dengan baik. Chef dari berbagai hotel Archipelago International didampingi oleh Chef Denny Frederick, Corporate Executive Chef Archipelago Central -East.

ASTON Sorong Hotel and Conference Center menjadi tuan rumah pada perhelatan Archipelago Food Festival (AFF) yang akan digelar pada Jumat, 10 Maret 2023 di Raja Ampat Ballroom.

Acara yang merupakan agenda tahunan dari Archipelago International ini akan menghadirkan 6 orang Executive Chef masing-masing dari ASTON Makassar yakni Chef Irwan, dari ASTON Jayapura yakni Chef Ismail, dari ASTON Manokwari yakni Chef Muchlis, dari ASTON Gorontalo yakni Chef Jais, dari ASTON Denpasar yakni Chef Komang Aryana dan dari ASTON Sorong sendiri yakni Chef Raden Febriansyah.

Istimewanya, acara ini juga akan dihadiri oleh Corporate Executive Chef Archipelago International, Denny Frederick. Kolaborasi antara chef dari Archipelago International mengusung tema “Find a wonderland Nusantara Flavour Fusion with Modern-Style Food”.

Acara ini terbuka untuk umum dengan harga tiket Rp. 188.000nett/orang. Dengan harga tersebut pengunjung sudah bisa menikmati seluruh sajian makanan yang disajikan oleh para Chef handal dari Archipelago.

Menu-menu yang disajikan pun sangat istimewa seperti Sup Keladi Ikan, Papeda yang sangat terkenal di Papua. Lalu ada Lawar dan Bebek Betutu dari Bali, Sop Konro dan Mie Titi dari Makassar, Mie Cakalang dan Tintuan dari Manado serta Catemak Jagung dan Rumpu Rampe dari Nusa Tenggara Timur.

Tak hanya itu, AFF ini juga diikuti oleh sejumlah UMKM yang ada di Kota Sorong seperti toko oleh-oleh, jajanan khas Papua, Coffee Shop dan lain-lain.

“Archipelago Food Festival di ASTON Sorong ini baru pertama kali diadakan di Provinsi Papua Barat Daya dan kami bangga bisa menjadi tuan rumah untuk menjamu masyarakat Kota Sorong dan sekitarnya dengan makanan-makanan khas dari berbagai daerah yang dibuat langsung oleh para Chef yang mempunyai jam terbang serta kemampuan yang tidak diragukan lagi”. Ujar Johan Ranteupa – General Manager ASTON Sorong Hotel and Conference Center, Kamis (9/3/2023).

Pihaknya juga menuturkan bahwa ia sangat antusias dengan terpilihnya ASTON Sorong Hotel and Conference Center sebagai penyelenggara AFF kali ini.

Sementara itu Corporate Executive Chef Archipelago International, Denny Frederick mengatakan bahwa menu-menu yang dihadirkan hanya dapat di temukan di AFF nanti.

“Para pengunjung akan merasakan sensasi berbeda dari setiap makanan yang kami buat karena semua bahan dan bumbu yang digunakan didatangkan langsung dari daerah asal para chef Kami,”kata Denny Frederick.

Ia juga menambahkan telah mempersiapkan sajian-sajian dengan cita rasa yang luar biasa untuk dinikmati oleh para pengunjung.

Selain perhelatan AFF, ASTON Sorong Hotel and Conference Center juga akan menggelar Table Manner yang dibanderol dengan harga Rp. 150.000/orang yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 11 Maret 2023.

Ini merupakan penawaran istimewa bagi para peserta karena selain mendapatkan ilmu mengenai Dine In Etiquette atau Etika Makan secara formal para peserta juga akan mendapatkan sertifikat yang dapat digunakan untuk keperluan korporasi maupun pribadi.

Archipelago International berharap dengan hadirnya Archipelago Food Festival ini masyarakat Papua dan Kota Sorong dapat lebih mengenal produk-produk yang dimiliki baik dari sisi kamar dan fasilitas maupun food and beverages.