Berita

Wali Kota Ternate: Pelayanan Kesehatan dan Pembangunan Harus Berjalan Beriringan

×

Wali Kota Ternate: Pelayanan Kesehatan dan Pembangunan Harus Berjalan Beriringan

Sebarkan artikel ini
Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman mengatakan, kalau bicara pelayanan dasar, ada preventif dan promotif ada peningkatan kesehatan ibu anak, KB, kesehatan reproduksi, ada percepatan peningkatan perbaikan gizi masyarakat, dan peningkatan pengendalian penyakit.

“Kemudian ada pemberdayaan perilaku hidup sehat melalui gerakan hidup sehat atau GERMAS, dan penguatan sistem kesehatan pengawasan obat dan makanan. Alhamdulillah di Ternate, semua kita lakukan, intinya ada pelayanan,” kata Wali Kota kepada wartawan, di Ternate, Rabu (8/2/2023).

Menurutnya, urusan pembangunan daerah dan kesehatan sama-sama penting, dalam rangka melayani masyarakat, sehingga bisa berjalan beriringan demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

“Pemerintah Provinsi Maluku Utara dan Pemerintah Kota Ternate juga terus bersinergi, demi tercapainya pelayanan kesehatan yang lebih baik untuk masyarakat,” jelas Wali Kota.

Bicara masalah kesehatan, kata dia, tidak bisa hanya tugas pemerintah tapi juga keterlibatan semua pihak termasuk masyarakat.

“Seluruh OPD di Pemerintah Kota Ternate sudah memiliki peran masing-masing dalam kesehatan. Misalnya dinas kominfo dalam sosialisasi, dinas sosial untuk bantuan warga miskin dan lain sebagainya,” pungkas Wali Kota.

Menurutnya, peran masyarakat khususnya perempuan sangat penting dalam urusan kesehatan, karena perempuan memiliki kepedulian yang lebih tinggi dari pria, terutama pada pendampingan pasien.