Berita

Rakor di Sorong, Mendagri Dorong Percepatan Literasi Matematika bagi Anak-Anak Indonesia

×

Rakor di Sorong, Mendagri Dorong Percepatan Literasi Matematika bagi Anak-Anak Indonesia

Sebarkan artikel ini
Mendagri Muhammad Tito Karnavian saat Rakor dengan kepala daerah se-tanah Papua di Kota Sorong. (Foto:IST/TN)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mendorong percepatan literasi matematika bagi anak-anak Indonesia.

Hal itu dsampaikan Tito pada Rapat Koordinasi (Rakor) Kepala Daerah se-Tanah Papua di Ballroom Hotel Vega, Kota Sorong, Jumat (3/2/2023).

Adapun salah satu ikhtiar yang dapat dilakukan adalah melalui metode Gasing (Gampang Asyik Menyenangkan) yang diprakarsai Ahli Fisika dan Matematika Yohanes Surya.

Percepatan itu selaras dengan arahan Presiden Joko Widodo, sekaligus kesimpulan dari hasil rapat terbatas yang dilakukan Mendagri bersama dengan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, Profesor Yohanes Surya, serta beberapa kepala daerah dan penjabat (Pj.) kepala daerah percontohan.

“Pj. bupati/wali kota kita wajibkan untuk mengadopsi atau bekerja sama untuk memperbaiki dan mendorong percepatan literasi masalah matematika untuk anak-anak seluruh Indonesia,” kata Mendagri.

Dalam kesempatan itu, Mendagri menyampaikan kepada kepala daerah dan Pj. kepala daerah untuk mendaftar dalam program percepatan literasi matematika tersebut.

Jika program berhasil, pihaknya akan mengumumkan ke media daerah-daerah yang telah menorehkan prestasi.

“Nanti tinggal kita umumkan saja ke media nanti, (daerah) yang sukses program ini, yang tidak mau ikut daerahnya ini, ini, ini. Tinggal umumkan saja,” terangnya.

Guna mempermudah masalah pembiayaan, lanjut Mendagri, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang dibantu Kementerian/Lembaga (K/L) terkait dalam waktu singkat akan membuat petunjuk teknis (Juknis).

Ketika Juknis sudah diterbitkan, Mendagri meminta para kepala daerah ataupun Pj. kepala daerah untuk tidak ragu lagi memberikan anggaran khusus bagi program literasi matematika dengan metode Gasing ini.

“Program ini ada juknisnya, kemudian Dirjen Bangda akan membuat yang saya tanda tangani Surat Edaran untuk mem-follow up, untuk melakukan revisi anggarannya, sehingga Rekan-Rekan bisa membuat program ini di tempat Bapak/Ibu sekalian dengan anggaran APBD yang ada. Kalau mau menggunakan CSR silakan juga,” tandasnya.

Dalam Rakor Kepala Daerah se-Tanah Papua tersebut, Profesor Yohanes Surya juga ikut hadir untuk memberikan paparan terkait metode Gasing.

Metode ini diklaim terbukti dapat meningkatkan performa kecerdasan matematika anak-anak dalam hal pengoperasian aritmetika dari penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.