Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

Menkumham Lantik Prof Asep N Mulyana Jadi Dirjen PP Kemenkumham

×

Menkumham Lantik Prof Asep N Mulyana Jadi Dirjen PP Kemenkumham

Sebarkan artikel ini
Prof Asep Mulyana (kanan) saat menerima ucapan selamat usai dilantik sebagai Dirjen PP pada Kemenkumham RI. Foto – Ist.
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Yasonna Laoly melantik dan sumpah jabatan Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat (Kajati Jabar), Prof Dr Asep N Mulyana, SH, MH sebahai Direktur Jenderal Peraturan Perundang-undangan (Dirjen PP) pada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) di Jakarta, Kamis (23/02/2023).

Asep berjanji akan bekerja sebaik-baiknya serta penuh dengan rasa tanggung jawab, termasuk menjaga integritas dan tidak menyalahgunakan kewenangan sebagai Direktur Jenderal PP Kemenkumham.

Example 300x600

Sebelum dilantik sebagai Direktur Jenderal PP, Asep merupakan kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jawa Barat. Asep menggantikan posisi Dhahana Putra yang sebelumnya menjabat sebagai Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Jenderal PP.

Asep Mulyana merupakan jaksa yang karirnya terbilang Moncer. Asep merupakan jaksa penuntut umum (JPU) yang memohon kepada Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Jawa Barat, untuk menjatuhkan vonis mati kepada terdakwa Herry Wirawan dalam kasus pemerkosaan dan kekerasan seksual terhadap belasan santri.

Asep memulai karier di Kejaksaan pada tahun 1996 sebagai Staf pada Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan RI (1996-1998), serta pernah menduduki berbagai jabatan struktural di Kejaksaan Agung, Kejaksaan-Tinggi dan Kejaksaan Negeri.

Pada tahun 2011, Asep menjabat sebagai Plt Kepala Kejaksaan Negeri Sumber, Kepala Kejaksaan Negeri Stabat (2012-2013) serta Kepala Bagian Sunproglapnil pada Sesjam Pidsus serta Kasubdit Tindak Pidana Khusus Lain pada Direktorat Eksekusi dan Eksaminasi (2013-2014).

Asep kemudian menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Semarang (2014-2015), Asisten Tindak Pidana Khusus Kejati Sumut (Jan-Okt 2015), Asisten Khusus Jaksa Agung Republik Indonesia (September 2015-Oktober 2019), Oktober 2019 menjabat sebagai Kepala Biro Hukum dan Hubungan Luar Negeri Kejaksaan Agung.
Asep Mulyana pernah menjadi Kepala Kejati Banten sebelum menjadi Kepala Kejati Jawa Barat dan kini beralih untuk menjalankan amanah menjadi Dirjen Perundang Undangan Kemenkumham.

Example 300250
Example 120x600