Berita

Ditangkap KPK, Bupati Mamberamo Tengah Digiring ke Jakarta

×

Ditangkap KPK, Bupati Mamberamo Tengah Digiring ke Jakarta

Sebarkan artikel ini
Bupati Mamberamo Tengah non aktif atas kasus dugaan korupsi, Ricky Ham Pagawak (memakai masker) saat digiring aparat ke pesawat untuk dibawa ke Jakarta oleh Penyidik KPK. Foto : Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, JAYAPURA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diback up Jatanras Polda Papua dan Timsus Polres Jayapura berhasil mengamankan Bupati Mamberamo Tengah non aktif atas kasus dugaan korupsi, Ricky Ham Pagawak (RHP).

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo, S.H S.I.K M.Kom mengatakan, tersangka berhasil dibekuk pada Minggu (19/2) kemarin sekitar pukul 16.45 WIT di BTN Marwa Jalur III Jalan Kehiran, Kelurahan Hinekombe, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura.

“Setelah diamankan, yang bersangkutan kemudian dibawa menuju Mako Sat Brimob Polda Papua,”ungkap kabid humas kepada awak media, Senin (20/2/2023).

Sementara itu, Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri S.I.K mengatakan, pihaknya dalam hal ini hanya membantu tugas KPK dalam melakukan penangkapan serta pengamanan ketat. Kapolda mengaku bersyukur bahwa yang bersangkutan dalam keadaan sehat dan aman.

“Kami sangat berharap proses ini segera berjalan dan KPK bersama RHP secepatnya dapat tiba di Jakarta untuk dilakukan penyidikan lebih lanjut,”ujar kapolda.

Menurut kapolda, situasi di Papua terkhusus di Daerah Kabupaten Mamberamo Tengah hingga saat ini masih berjalan kondusif tanpa ada peningkatan keamanan. Ia berharap ini terus berjalan hingga proses penyidikan KPK terhadap RHP dinyatakan selesai.

“RHP telah diberangkatkan bersama KPK RI menuju Jakarta pagi tadi sekitar pukul 08.43 WIT guna pemeriksaan lanjutan,”pungkasnya.