Peringati Hari Jadi Sidoarjo, BHS Berdoa di Makam Bupati Pertama

Politisi Partai Gerindra Bambang Haryo Soekartono (BHS). Foto: tangkapan layar.

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Perayaan ulang tahun Kabupaten Sidoarjo ke-164 akan diperingati pada tanggal 31 Januari 2023 esok hari.

Dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Sidoarjo yang ke-164, Politisi Partai Gerindra Bambang Haryo Soekartono (BHS) bersama Tim BHS Peduli mengunjungi makam Bupati Sidoarjo yang pertama Alm. RTP Tjokronegoro I dan Bupati ketiga Alm. R.T Soemodirdjo.

Mereka juga datang bersama anak-anak dari Yayasan Panti Asuhan Al Kahfi. BHS juga melakukan doa bersama di makam tersebut.

“Saya mengharapkan perhatian dari Pemerintah Kabupaten Sidoarjo terhadap makam bupati yang pertama dan para bupati Sidoarjo lainnya yang saat ini ditangani oleh Yayasan Asri Hing Pendhem Sidoarjo mengalami kesulitan pendanaan untuk peralatan makam tersebut termasuk untuk juru kunci perawat dari makam tersebut dimana dua juru kunci digaji Rp 325ribu per orang per bulan, saat ini setelah covid dikurangi menjadi Rp 250ribu per orang per bulan,” ucap BHS.

Saat melihat kondisi lokasi, BHS menyebut ada beberapa kekurangan yang harus dipenuhi.

“Bahkan posisi-posisi penerangan tidak ada lampunya dan untuk sementara saya partisipasi secara pribadi pemasangan lampu yang kosong serta penambahan gaji untuk perawat makam sambil menunggu perhatian bantuan dari pemerintah kabupaten untuk salah satu cagar budaya dan sejarah yang perlu dilestarikan untuk pengetahuan bagi generasi muda,” ucap dia.

Anggota DPR RI periode 2014-2019 ini menyebut lokasi makam bisa juga dimanfaatkan untuk wisata religi yang bisa mendatangkan devisa bagi Kabupaten Sidoarjo dan pengetahuan bagi generasi muda untuk mendalami tentang silsilah dan perjuangan para bupati pendahulu yang menjadi cikal bakal berdiri dan berkembangnya Kabupaten Sidoarjo.

<