Berita

Pemkot Ambon Berkomitmen Menurunkan Angka Stunting

×

Pemkot Ambon Berkomitmen Menurunkan Angka Stunting

Sebarkan artikel ini
Foto bersama, usai pembukaan rapat advokasi program pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) tahun 2022, yang berlangsung di Hotel Marina, Rabu (4/1/2023). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon telah berkomitmen untuk menurunkan angka stunting di kota ini. Untuk itu, Dinas Pengendalian Penduduk dan KB (DPPKB) dan TP PKK Kota Ambon menggelar rapat advokasi program pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) tahun 2022, yang berlangsung di Hotel Marina, Rabu (4/1/2023).

Rapat ini bertujuan untuk meningkatkan komitmen dan peran pemerintah daerah serta mitra kerja, dalam percepatan penurunan stunting di Kota Ambon.

“Hari-hari ini stunting bukan sekedar permasalahan nasional, tetapi juga permasalahan global dalam kerangka pembangunan kualitas sumber daya manusia, dan mempunyai dampak baik dari sisi kesehatan maupun dari sisi produktivitas,” kata PJ Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena dalam sambutan tertulis, yang dibacakan Asisten III Sekretaris Kota Ambon, Rulien Purmiasa.

Dikatakan, rapat advokasi Bangga Kencana di awal tahun 2023 ini, merupakan kegiatan yang strategis bagi penurunan stunting. Hal itu menunjukan, jika DPPKB dan TP PKK memiliki perhatian serius dalam mewujudkan amanat Undang-Undang (UU), bahwa setiap anak berhak untuk hidup sehat.

“Olehnya itu, saya berharap rapat advokasi Bangga Kencana di hari ini dapat menyatukan pemahaman dan komitmen, merumuskan langkah strategis yang tepat, membangun kerja sama lintas sektoral, guna percepatan penurunan stunting di Kota Ambon,” harap PJ Wali Kota.

Senada, PJ Ketua TP PKK Kota Ambon, Lisa Wattimena mengaku, rapat advokasi Bangga Kencana ini, selain untuk membangun sinergi antar OPD, TP PKK dan elemen masyarakat, juga penanganan bahaya stunting di Kota Ambon

“Fokus TP PKK mulai dari pusat sampai ke daerah adalah, upaya pencegahan stunting. Upaya ini bertujuan, agar anak-anak Indonesia dapat tumbuh dengan sehat, mengingat stunting adalah salah satu masalah kesehatan yang cukup membahayakan,” ucap dia.

Untuk itu Lisa berharap, rapat ini bisa menghasilkan ide-ide, serta saran untuk dapat dijadikan bahan masukan, dalam penanganan stunting di Kota Ambon.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *