Berita

Gempa M 7,9 Di Maluku Barat Daya Terasa Hingga ke Sorong, BPBD: Tidak Ada Kerusakan

×

Gempa M 7,9 Di Maluku Barat Daya Terasa Hingga ke Sorong, BPBD: Tidak Ada Kerusakan

Sebarkan artikel ini

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Gempa magnitudo (M) 7,9 yang mengguncang wilayah Maluku Barat Daya, Selasa (10/1/2023) dini terasa sampai ke kota Sorong, Provinsi Papua Barat Daya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sorong mengatakan bahwa berdasarkan informasi yang didapatkan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa yang terjadi di wilayah maluku barat daya terjadi jam 03.00 WIT.

“Gempa yang terjadi di bawah kedalaman 130 KM, sehingga wilayah yang terdampak guncangan yaitu, Papua dan Papua Barat termasuk juga NTT. Kota Sorong termaksud juga yang mengalami guncangan gempa tersebut,” ujarnya, Selasa (10/1/2023).

3309
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Kendati demikian, pihaknya hingga saat ini belum menerima laporan terkait dengan adanya warga yang mengungsi dan kerusakan bangunan yang di sebabkan oleh guncangan gempa tersebut.

Sebelumnya, gempa yang terjadi di wilayah Maluku Barat Daya itu berpostensi terjadi Tsunami berdasarkan peringatan yang dikeluarkan oleh BMKG. Namun peringatan tersebut sudah dicabut.

“Kita bersyukur karena wilayah Papua dan Papua Barat tidak masuk dalam wilayah yang berpostensi terjadi tsunami baik itu siaga, atau waspada. Tapi kita tetap waspada saja. Untuk itu masyarakat di wilayah pesisir kita himbau untuk sementara menghindar berada di wilayah yang berdekatan dengan laut, “tuturnya.

Ia juga menghmbau jepada seluruh masyarakat Kota Sorong untuk mencari informasi yang jelas terkait dengan gempa langsung dari lembaga yang berwenang seperti BMKG dan tidak menerima informasi dari sumber lain.