Pemerintah Diminta Siapkan Berbagai Antisipasi Jelang Libur Nataru

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo.

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta pemerintah untuk mematangkan persiapan di berbagai aspek terkait pergerakan orang selama libur Natal dan Tahun Baru 2023 (nataru).

Menurutnya, persiapan meliputi ketersediaan bahan pangan dan pasokan bahan bakar minyak (BBM) yang menjadi hal penting untuk diperhatikan, karena merupakan aspek pokok.

“Meminta disiapkan strategi dan langkah pemerintah dalam memberikan perhatian khusus kepada masyarakat atau para pemudik nataru dengan menyiapkan serta memastikan pasokan dan ketersediaan bahan pangan yang diperlukan selama Nataru tetap aman. Mengingat, dua hal/faktor tersebut sangat krusial saat periode Nataru,” kata Bamsoet sapaan akrabnya, melalui pernyataan tertulis yang diterima TeropongNews, Rabu (21/12/2022).

Selain itu, Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini, ingin agar seluruh pemerintah daerah untuk terus melakukan pemantauan terhadap kebutuhan pokok dan bahan bakar, serta memastikan stok kebutuhan pokok juga BBM aman dengan harga yang normal untuk kebutuhan masyarakat selama libur Nataru.

Hal lainnya yang tak kalah penting baginya yaitu Korlantas Polri bersama Dinas Perhubungan untuk terus melakukan antisipasi lonjakan mobilitas masyarakat saat periode Nataru.

“Dengan menyiapkan formula khusus di setiap jalur mudik mulai dari melakukan rekayasa lalu lintas, menerapkan kebijakan ganjil-genap, contraflow, hingga menerapkan sistem oneway untuk mengurai dan mencegah kemacetan,” ucap dia.

<