Berita

Akses Jalan Leihitu Barat Alami Rusak Parah dan Sulit Dilalui Warga

×

Akses Jalan Leihitu Barat Alami Rusak Parah dan Sulit Dilalui Warga

Sebarkan artikel ini
Akses jalan yang menghubungkan desa-desa di Kecamatan Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) mengalami kerusakan yang cukup parah. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Akses jalan yang menghubungkan desa-desa di Kecamatan Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) mengalami kerusakan yang cukup parah. Kerusakan ini akibat gelombang tinggi yang menerjang sejumlah desa, lantaran cuaca ekstrim, beberapa waktu belakangan ini.

Akses jalan yang mengalami kerusakan parah ini, menyebabkan kendaraan baik ronda dua maupun empat milik warga sulit melewati jalur dimaksud.

“Setelah saya melakukan kroscek ternyata benar. Ada sejumlah akses jalan di Kecamatan Leihitu Barat, yang mengalami kerusakan parah. Saya mengetahui informasi kerusakan ini dari masyarakat, karena saya sementara menjalankan agenda reses,” ungkap Sekretaris Komisi II DPRD Provinsi Maluku, Ruslan Hurasan saat dihubungi dari Ambon, Selasa (27/12/2022).

Untuk itu dia meminta Pemerintah Provinsi Maluku dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), untuk segera memperbaiki akses jalan dari dan menuju Kecamatan Leihitu Barat tersebut.

“Dinas PUPR Maluku lewat Bidang Bina Marga saya harapkan, untuk memperhatikan kerusakan akses jalan, jembatan maupun talud penahan ombak, pasca dihantam gelombang tinggi beberapa hari yang lalu,” pinta Hurasan.

Dia mengaku, bencana seperti ini selalu terjadi setiap tahun. Olehnya itu, perlu perencanaan yang matang, dari setiap program dan kegiatan pembangunan yang dilakukan. Ini penting, agar kejadian serupa tidak lagi terjadi.

“Kerusakan ini harus diselesaikan, jangan sampai menghambat akses mobilisasi masyarakat di akhir tahun 2022. Saya ingatkan lagi, negara harus ada dan memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat,” tandas Hurasan.