Berita

Sekolah Tinggi Pastoral Kateketik Santo Benediktus Sorong Gelar Wisuda ke IX

×

Sekolah Tinggi Pastoral Kateketik Santo Benediktus Sorong Gelar Wisuda ke IX

Sebarkan artikel ini
12 mahasiswa Sekolah Tinggi Pastoral Kateketik (STPK) Santos Benediktus Sorond diwisuda. (Foto: CR-1)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Sekolah Tinggi Pastorsl Kateketik (STPK) menggelar wisuda Ke lX Sarjana S1 Program Studi Ilmu pendidikan Agama Katolik di Graha Lux Ex Oriente – Katedral Jl. R.A. Kartini No. 02 Kampung Baru-Kota Sorong, sabtu (5/11/2022).

Kegiatan ini turut di hadiri oleh Penjabat (Pj) Walikota Sorong George Yarangga dan perwakilan Dirjen Binmas katolik Kementerian Agama dan Uskup Manokwari-Sorong Mgr. Hilarion Datus Lega.

Pj. Walikota Sorong George Yarangga dalam sambutannya berharap, ilmu pengetahuan yang wisudawan-wisudawati peroleh hendaknya di amalkan dalam lingkungan sosial. Sebab, ilmu dan amal yang didapat selama mengenyam pendidikan kuliah mempunyai nilai ibadah yang religius.

“Wisuda ini harus menjadi momentum keberhasilan dari para wisudawan-wisudawati sebagai langkah awal untuk mencapai tujuan selanjutnya. Kualitas yang didapat selama kuliah bisa diaplikasikan di dalam dunia kerja. Terutama tenaga pengajar (guru agama), karena kita membutuhkan SDM-SDM yang unggul untuk bisa menciptakan generasi-generasi yang akan datang di tanah Papua,”ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Uskup Manokwari-Sorong, MGR. Hilarion Datus Lega dalam sambutannya mengatakan bahwa, kualitas sebuah lembaga perguruan tinggi tidak bisa ditentukan cuma dengan hasil akreditasi saja.

“Meskipun di butuhkan hasil akreditasi, itu harus dilakukan secara objektif namun kita tidak boleh melupakan keunikan, kekhasan, keistimewaan dan otonomitas pengelolaan sebuah perguruan tinggi. Terutama perguruan tinggi yang berbasis pada kepedulian sumber daya manusia (SDM), yang khusus dalam bidang kepengajaran dan kependidikan agama, dengan demikian perguruan tinggi STPK Santo Benediktus Sorong yang berjumlah 12 orang diwisudakan pada tahun ini harus tetap di pandang berkualitas,”jelasnya.

“Baik dalam tata kelola yang bermanfaat bagi masyarakat luas pada aras peningkatan sumber daya manusia (SDM) dan menjadi tenaga pengajaran/kependidikan agama yang sesuai dengan visi lembaga Keuskupan Manokwari-Sorong yaitu maju, mandiri dan bermartabat,”sambungnya.

Sementara itu, Perwakilan Dirjen Binmas Katolik kementerian Agama Hugo Rizal dalam sambutannya mengatakan, STPK Santo Benediktus Sorong merupakan lembaga pendidikan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan strata 1 untuk pendidikan dan pengajaran agama katolik.

“Mendidik mahasiswa-mahasiswa sebagai guru, penyuluh dan tenaga pendamping rohani yang memiliki jiwa profesionalitas unggul, dan misioner dengan tenaga pengajar-pengajar profesional di STPK Santos Benediktus mampu menjadikan lulusan memiliki skill dan pengetahuan yang cukup luar biasa,”tuturnya.

Ia berharap,m melalui wisuda hari ini para lulusan hendaknya tidak hanya memiliki ilmu pengetahuan tapi juga kepribadian dan keimanan unggul, yang hadir memberikan pengaruh yang positif bagi masyarakat dan menjadi agen perubahan dan kerukunan umat beragama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *