KSOP Sorong : Harga Tiket dan Jadwal Kapal Merupakan Kesepakatan Bersama Tiga Armada Pelayaran Di Raja Ampat

Foto Bersama Kedua Wartawan Raja Ampat dengan Pimpinan KSOP Sorong bersama Staf, Kasih Humas Polres Sorong Kota, Penasehat Hukum Kedua Media. Foto Hizkia/TN

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Kantor Kesyabandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Sorong mengklarifikasi pemberitaan yang diterbitkan media online teropongnews.com pada tanggal 5 November 2022 dengan judul Ipar Desak KSOP Evaluasi Harga Tiket Kapal Waisai – Sorong.

434
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

Pemilihan Umum Gubernur Papua Barat Daya 2024 (selanjutnya disebut Pilgub Papua Barat Daya 2024), untuk memilih calon yang digadang-gadang menuju Kursi Gubernur Papua Barat Daya periode 2024-2029 yang layak bagi Anda.  Dan kami teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon Anda kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Menyikapi pernyataan Ipar Raja Ampat ini, KSOP Kelas I Sorong dalam Surat Klarifikasi Pertama berita online teropongnews Nomor : UM.003/25/12 / KSOP.SRG-2022 tertanggal 6 November 2022 yang diterima media ini Selasa, (8/11/2022).

Dalam surat Klarifikasi tersebut Kepala Kantor kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan menjelaskan bahwa pada tanggal 17 Oktober 2022 telah diadakan pertemuan dengan agenda koordinasi lanjutan pembahasan trayek dan harga tiket kapal penumpang cepat Waisai – Sorong, yang dihadiri oleh OPD Teknis yang terdiri dari Dinas Perhubungan Provinsi Papua Barat yang diwakili oleh kepala seksi lalu lintas dan angkutan laut beserta staf, Dinas Perhubungan Kota Sorong beserta staf, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Raja Ampat beserta staf serta Kepala Kantor KSOP Kelas I Sorong beserta para pejabat struktural dan Kepala kantor UPP Kelas II Raja Ampat beserta staf.

Selain itu, hadir juga tiga pimpinan armada pelayaran yang beroperasi di Raja Ampat yakni, Pimpinan PT Belibis Papua Mandiri beserta staf, Pimpinan PT Papua Mitra Samudera, dan Pimpinan PT Fajar Indah Lines beserta staf.

Pertemuan di ruang Kepala KSOP Sorong berkaitan dengan pemberitaan Media Teropong News dan HonaiPapua.

Dalam pertemuan tersebut telah disepakati penyesuaian tarif tiket kapal penumpang cepat berkecepatan tinggi Waisai – Sorong sebesar Rp. 125.000/penumpang sesuai dengan naiknya harga BBM secara nasional tahun 2022, dan juga sesuai kesepakatan sebelumnya yakni pada tanggal 14 Februari 2018.

Terkait trayek kapal yang disebutkan dalam pemberitaan sebelumnya, KSOP Kelas I Sorong menjelaskan untuk trayek kapal penumpang cepat PT Belibis Papua Mandiri dan PT Fajar Indah Lines trayek Sorong – Waisai agar jam keberangkatan masing-masing kapal diatur dengan baik yaitu selisih 2 jam sehingga memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk melakukan perjalanan sesuai dengan keperluan dan terciptanya keharmonisan dan persaingan sehat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sebagai pengguna jasa transportasi laut.

Perlu diketahui, buntut dari pemberitaan tersebut dua wartawan Raja Ampat dari media Honaipapua.com dan teropongnews.com hari Selasa 8 November 2022 mendatangi Pimpinan KSOP Kelas I Sorong di dampingi Penasehat Hukumnya Hasan Lessy SH, turut hadir Kasi Humas Polres Sorong Kota, Iptu Ade Andini, diterima Kepala KSOP Kelas I Sorong Jece Julita Piris, SE., M.Si beserta pejabat strukturalnya.