Berita

Tingkatkan SDM IKM, Pemkot Sorong Beri Pelatihan Pendampingan dan Pengembangan Produk

×

Tingkatkan SDM IKM, Pemkot Sorong Beri Pelatihan Pendampingan dan Pengembangan Produk

Sebarkan artikel ini
Pj. Walikota Sorong, George Yarangga saat meninjau hasil kerajinan tangan IKM Kota Sorong. (Foto:Mega/TN)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Pemerintah Kota Sorong melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Sorong menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Pendampingan, Pengembangan dan Diversifikasi Produk, Selasa (4/10/2022).

Pelatihan yang dipusatkan di gedung Sentra Industri Kecil dan Menengah (SIKIM), komplek Victory, Kota Sorong itu dilaksanakan selama 4 hari, mulai dari 4 Oktober-sampai dengan 8 Oktober 2022 dengan pembiayaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik Tahun 2022.

Penjabat Walikota Sorong, George Yarangga usai membuka kegiatan pelatihan tersebut mengatakan bahwa produk Industri Kecil Menengah (IKM) kota Sorong selalu diminati oleh pasar.

Oleh karena itu, produk yang ada harus terus berkembang dan melakukan pembedaan serta inovasi. Diversifikasi produk merupakan salah satu strategi pemasaran yang mampu menarik dan mengembangkan usaha di sektor kerajinan.

“Oleh karena itu, perlunya setiap inovasi dan diversifikasi produk, selain itu para pengrajin harus mengikuti perkembangan teknologi. Saat ini perkembangan teknologi telah semakin pesat, dibutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang kreatif dalam menangkap peluang pasar yang mendunia,”ujar Pj. Walikota Sorong.

Dikatakan Pj. Walikota Sorong, permasalahan yang sering dihadapi Sentra Industri Kecil Menengah sampai saat ini adalah kurangnya sarana dan prasarana fisik yang dimiliki serta kelemahan dalam aspek legalitas dan kelembagaan.

Pj. Walikota Sorong berharap, melalui kegiatan ini diharapkan mampu menciptakan wira usaha baru dan mandiri di bidang industri demi mensukseskan program pembangunan pemerintah kota Sorong yang lebih baik.

“Peningkatan SDM ini tentunya dilakukan dalam hal pengembangan bagi industri kecil dan menengah (IKM) untuk meningkatkan kemampuan kinerja, nilai tambah dan daya saing produk yang ada di IKM itu sendiri, terutama bagi mereka yang produknya berbasis hasil laut di sikim, dan aneka kerajinan di kampung noken kilo meter 12 klasaman,”pungkasnya.

Adapun sejumlah produk yang dihasilkan dan kini laku di pasaran adalah produk anyaman seperti tas, noken, tempat tisu, serta olahan hasil laut seperti bakso ikan, sambal ikan, abon, dan lain-lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *