Berita

Ratusan Santri Kunjungi Situs Geologi Batu Angus, Ini Tujuannya

×

Ratusan Santri Kunjungi Situs Geologi Batu Angus, Ini Tujuannya

Sebarkan artikel ini
Sebanyak 100 siswa yang terdiri dari santri yang berasal dari Pondok Pesantren Salafiyah Alkhairat Ternate mengunjungi Situs Geologi Batu Angus, Sabtu (15/10/2022). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Sebanyak 100 siswa yang terdiri dari santri yang berasal dari Pondok Pesantren Salafiyah Alkhairat Ternate mengunjungi Situs Geologi Batu Angus, Sabtu (15/10/2022).

Kunjungan santri tersebut sebagai bagian dari perjalanan wisata pada kegiatan kemah santri, yang diinisiasi oleh Bagian Kesejahteraan Sosial Setda Kota Ternate.

Selama kunjungan, para santri dipandu oleh Deddy Arif yang merupakan salah satu bagian dari Badan Pengelola dan Pengembangan Aspiring Geopark Ternate.

Kepala Bagian Kesejahteraan Sosial Setda Kota Ternate, Muhammad Ichsan Teng mengatakan, proses pembentukan bumi dan pembentukan Batu Angus (Gunung Api) yang dihubungkan juga dengan ayat-ayat Al-Qur’an tentang bagaimana terbentuknya bumi, manusia, dan hari akhir.

“Kami berharap kegiatan ini kedepan, dapat melibatkan lebih banyak lagi pondok pesantren yang lain,” ucap Muhammad Ichsan Teng kepada wartawan, di Ternate, Senin (17/10/2022).

Selain teori, kata dia, para santri juga diajak untuk bermain game geowisata berupa pengamatan batuan, dengan menggunakan alat Loupe untuk mengetahui bentuk mineral yang menyusun komposisi di Batu Angus (andesit basaltik).

Sementara itu, Kepala Badan Pengelola Dan Pengembangan Aspiring Geopark Ternate, Dr. Rizal Marsaoly, MM menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pondok Pesantren Salafiyah atas terselenggaranya kegiatan ini. Pasalnya, ini merupakan salah satu tujuan dari adanya Geopark dan Geowisata, yaitu tentang Edukasi, dan program Geoliterasi.

“Kegiatan seperti ini akan terus kami laksanakan dan dikembangkan, agar terwujudnya wisata yang berkelanjutan dengan nilai-nilai edukasi, konservasi dan berdampak ekonomi yang berkelanjutan,” tutup Rizal Marsaoly.