Puluhan Atlit Tinju Kota Ambon Siap Bertanding di Ajang POPMAL IV

Kejuaraan Kota (Kejurkot) untuk mempersiapkan 28 atlit, untuk mengikuti POPMAL yang nantinya akan dilaksanakan pada minggu ketiga bulan November. Foto-Ist/ TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Sebanyak 28 atlit tinju dipersiapkan oleh Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Kota Ambon, untuk mengikuti Pekan Olahraga Provinsi Maluku (POPMAL) ke IV Tahun 2022, yang direncanakan akan berlangsung pada Bulan November nanti.

“Pada minggu kemarin kita sudah menyelesaikan Kejuaraan Kota (Kejurkot) untuk mempersiapkan 28 atlit, lima pelatih, dan satu manager untuk mengikuti POPMAL yang nantinya akan dilaksanakan pada minggu ketiga bulan November,” ungkap Ketua Pertina Kota Ambon, Edwin Pattikawa kepada wartawan, di Balai Kota Ambon, Jumat (28/10/2022).

Disinggung soal persiapan para atlit-atlit ini, dia mengatakan, saat ini sementara dilakukan Training Center (TC) internal, yang difasilitasi oleh Pertina Kota Ambon, sebelum pelaksanaan TC secara terpusat oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Ambon.

“Jadi, ada tiga tempat yang kita gunakan, yaitu di Passo, Halong, dan Karang Panjang (Gedung Tinju) untuk atlit ini berlatih, sambil menunggu TC secara terpusat yang nantinya akan dikelola oleh KONI Kota Ambon,” ungkap Pattikawa.

Menurut Pattikawa, pelaksanaan Kejurkot Pertina pekan lalu itu, juga disisipkan kejuaraan tinju untuk ketegori Youth dan Junior yang memperebutkan piala Pertina Ambon Cup pertama. Diharapkan, di tahun depan juga akan dilaksanakan, dan telah Direncanakan pada bulan September 2023.

“Kemarin itu juga kami sisipkan kejuaraan untuk youth dan junior untuk memperebutkan piala Pertina Ambon Cup I. Yang II nantinya akan dilaksanakan tahun 2023, yang direncanakan pada bulan September, dan menjadi rangkaian perayaan HUT Kota Ambon,” ungkapnya.

Dia berharap, dengan dipersiapkan para atlit muda ini untuk mengikuti POPMAL, maka Kota Ambon dapat menduduki juara umum, yang juga nantinya dipersiapkan untuk mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON).

“Kita harus juara umum tinju dan juara umum POPMAL, jadi kita maksimalkan dengan jumlah atlit yang begitu besar. Dan diharapkan, kita harus juara umum, sebagaimana ditargetkan oleh KONI Kota Ambon,” harap Kepala Dinas Damkar Kota Ambon ini.