Turnamen Sepak Bola Wanita Sebagai Ajang Penjaringan Bakat

Penyerahan bola dari Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Merauke keoada wasit. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Turnamen Sepak Bola Wanita Tingkat Pelajar SMA, MA dan SMK Tahun 2022 di Kabupaten Merauke adalah bagian dari penjaringan bakat sepak bola wanita menuju PON 2024.

Ketua Panitia, Forentinus Eriadi mengatakan, terselenggaranya turnamen ini sebagai bentuk upaya dari Pemerintah Daerah dalam melalukan pembinaan sekaligus menemukan minat dan daya tarik serta memasyarakatkan sepak bola bagi kaum wanita. Hal ini terinspirasi usai pelaksanaan PON XX Papua tahun 2021 yakni Tim Sepak Bola Putri Papua berhasil meraih piala emas kala itu.

“Namun sangat disayangkan saat itu tidak ada satupun perwakilan putri asli asal Kabupaten Merauke. Untuk itu, dalam mewujudkan Provinsi Papua Selatan yang berprestasi dalam bidang olahraga maka even ini sebagai pembentukan bibit sepak bola wanita,” ujar Ketua Panitia dalam pembukaan turnamen pada Sabtu (17/9/2022) yang berlangsung hingga 30 September 2022 setiap sore jam 03.00 Wit di Stadion Katalpal Merauke.

Delapan sekolah yang terlibat yakni SMK YPK, SMA KPG Khas Papua, SMK Negeri 3, SMA Negeri 3, SMA Negeri 1, SMK St. Antonius, SMA Yohanes XXIII dan MA
Al-munawaroh Merauke. Kegiatan ini didukung dari DPA Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Merauke tahun 2022.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Merauke Cristian Mike Walinaulik mengatakan, kegiatan tersebut merupakan even pertama dengan harapan akan menjaring banyak pemain unggul yang mampu berekspresi di lapangan hijau. Terlebih pemain terbaik akan dipersiapkan untuk mengikuti dan berlaga pada pelaksanaan PON XXI tahun 2024.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Merauke Imelda Carolina Mbaraka menyambut baik turnamen yang melibatkan kaum hawa itu. Dikatakan, perempuan hebat adalah yang mampu melakukan banyak hal dan berprestasi, apa lagi berjuang mengasah skill untuk berlaga memainkan si kulit bundar. “Namun, untuk meraih yang terbaik harus diperjuangkan,” tandasnya.