KPPN Merauke Hadirkan Etalase Digital Pojok UMKM

Pelatihan dan pengenalan Etalase Digital Produk UMKM di KPPN Merauke. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Kementrian Keuangan RI melalui Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Merauke menghadirkan satu inovasi baru yang disebut dengan Etalase Digital Pojok UMKM. Melalui Etalase Digital ini, KPPN Merauke membantu menyiapkan platform yang berperan sebagai perantara antara pelaku UMKM dan pembeli untuk mempermudah transaksi jual beli secara daring dan memperluas jangkauan pasar.

Tujuan dari Etalase Digital UMKM ini adalah memperkenalkan dan sekaligus mempromosikan produk-produk UMKM lokal yang ada di Kabupaten Merauke kepada publik, yang dapat di akses masyarakat baik di tingkat lokal maupun tingkat nasional. Semakin banyak yang mengakses tentu akan meningkatkan peluang pengunjung untuk melakukan transaksi.

Kepala KPPN Merauke, Jaka Susila mengatakan, hal yang ingin dicapai dari adanya inovasi ini tidak lain untuk memajukan UMKM di wilayah Merauke.
Agar platform tersebut dapat digunakan dan dimanfaatkan secara optimal, KPPN Merauke bersama dengan Kantor Pajak Pratama Merauke dan Kantor Bea Cukai Merauke menggelar pelatihan dan pengenalan Etalase Digital Produk UMKM, dengan peserta yang berasal dari para pelaku UMKM binaan Papua Muda Inspiratif (PMI) dan pelaku UMKM dari SMA Negeri 1 Tanah Miring,

“Besar harapan kami dengan banyaknya UMKM yang bergabung di Etalase Digital Pojok UMKM ini, pelaku UMKM mengalami kemajuan dan kemudahan dalam pemasaran produknya,” ujar Jaka Susila, Selasa (13/9/2022) di Kantor KPPN.

Selain pengenalan akan platform Etalase Digital UMKM, dalam kesempatan ini disampaikan juga materi yang berkaitan dengan ketentuan perpajakan dalam kaitannya dengan dukungan terhadap UMKM yang disampaikan oleh Penyuluh Pajak dari KPP Pratama Merauke, Delly Vandy Aziz. Ia menerangkan tentang tarif pajak dari UMKM yang perlu untuk diketahui oleh para pelaku UMKM dan tata cara mengurus Nomor Induk Wajib Pajak (NPWP). Selain itu, untuk beberapa pelaku UMKM yang telah memiliki kapasitas produksi relatif tinggi dan perlu mengembangkan ke pasar ekspor juga telah diberikan materi-materi tentang persyaratan dan mekanisme ekspor yang dibawakan oleh KPBC Merauke melalui Kasubag Umum KPBC Merauke, Kristanto.

Di sini, pelaku UMKM dibuka wawasan dan pandangan akan prospek jangka panjang dalam berwirausaha, agar tidak hanya memasarkan di skala lokal maupun nasional tetapi punya mimpi hingga mencapai target ekspor keluar negeri. Namun, untuk mencapai target, dibutuhkan energi ekstra dan pemahaman pemanfaatan teknologi digital seiring perkembangannya dari waktu ke waktu. Untuk itu, perlu diasah penguatan SDM sebagai persyaratan dasar yang harus dimatangkan.

Diharapkan pelatihan ini menjadi dasar untuk pengembangan ke depan dari para pelaku UMKM. Tentu saja pelatihan tidak serta merta dapat menaikan harapan seperti yang diimpikan bersama, dukungan dari instansi-instansi lain yang terkait dan pemerintah daerah diharapkan juga menjadi penyokong pengembangan UMKM ke depan.

Selain di platform, sebagian produk UMKM juga dipajang di pojok KPPN Merauke tepatnya di sisi kiri pintu masuk Kantor KPPN sebagai bagian dari promosi kepada para tamu saat berkunjung ke sana.
Penasaran apa saja produk UMKM Merauke yang dipajang di Etalase Digital UMKM bisa langung klik atau kunjungi
http://umkm.kanwildjpbpapua.net atau bagi yang ingin bergabung namun masih bingung cara meng-upload produk di website tersebut, dapat menghubungi nomor kontak 08114601773 (Jaka Susila) disertai email dan nomor telepon seluler pemohon.