Berita

Cegah Banjir, IKAL Jatim Bersih-bersih Kota Sorong

×

Cegah Banjir, IKAL Jatim Bersih-bersih Kota Sorong

Sebarkan artikel ini
IKAL Jatim beserta seluruh elemen masyarakat akan melakukan aksi bersih-bersih di titik rawan banjir kota Sorong. (Foto:Mega/TN)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Ikatan Alumni Jawa Timur (IKAL Jatim), Sabtu (10/9/2022), menggelar bakti sosial membersihkan daerah rawan banjir, guna antisipasi bencana tersebut selama musim hujan.

Bakti sosial itu juga melibatkan seluruh elemen masyarakat, mulai dari unsur TNI-Polri, organisasi masyarakat, mahasiswa, paguyuban, dan partai politik.

Penjabat Walikota Sorong, George Yarangga mengatakan bahwa salah satu program pemerintah adalah pengelolaan lingkungan melalui pengelolaan sampah dan gerakan Sorong bersih. Di mana progam tersebut termasuk mitigasi ancaman banjir di masa akan datang.

Ketua IKAL Jatim, Yohanes Momot saat menyerahkan alat kebersihan kepada masyarakat yang terlibat aksi bersih-bersih. (Foto:Mega/TN)

“Oleh karena itu bakti sosial yang dilakukan hari ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari gerakan Sorong bersih dan indah. Tentu saja persoalan sampah dan pengelolaannya masih menjadi momok yang menggerus keindahan kenyamanan kota ini. Namun yakinlah bahwa langkah-langkah seperti ini dapat mengatasi permasalahan banjir,”jelas Yarangga.

Sementara itu, Ketua IKAL Jatim Yohanes Momot, mengatakan bahwa aksi bersih-bersih itu dilakukan di 20 titik yang ada di kota Sorong, mulai dari Rufei sampai di Distrik Sorong Timur.

“Jadi hari ini seluruh elemen masyarakat turun di lapangan. Kami mau tunjukkan bahwa rakyat Sorong adalah rakyat yang peduli juga terhadap lingkungan, mereka peduli terhadap kebersihan, mereka juga sangat sedih ketika terjadi banjir, “ucapnya.

Menurutnya, permasalahan banjir bukan saja menjadi tanggungjawab pemerintah tetapi seluruh rakyat juga ikut bertanggung jawab untuk menangani masalah banjir.

“Jadi ada pesan moral dari kegiatan ini, yakni masyarakat cinta dengan kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Oleh karena itu juga, masyarakat kami imbau untuk suka rela membersihkan sampah-sampah di lingkungannya, agar terhindar dari banjir selama musim hujan, ” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *