Ambon dan Tual Pada Juli 2022 Mengalami Inflasi

Foto ilustrasi inflasi. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Pada Juli 2022, 90 Kota IHK di Indonesia mengalami inflasi. Kota Ambon mengalami inflasi sebesar 1,67 persen dengan IHK 113,72. Kota Tual mengalami inflasi sebesar 1,66 persen dengan IHK 114,88.

Inflasi tertinggi terjadi di Kota Kendari sebesar 2,72 persen. Inflasi terendah terjadi di Kota Pematang Siantar dan Kota Tanjung sebesar 0,04 persen.

“Dari 90 Kota IHK, ranking IHK Kota Ambon naik ke posisi 28, dan ranking IHK Kota Tual naik ke posisi 13. Inflasi bulanan Kota Ambon berada pada ranking ke-4, inflasi tahun kalender pada ranking ke-78, inflasi tahun ke tahun pada ranking ke-44,” ungkap kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Maluku, Asep Riyadi dalam keterangan tertulisnya, yang diterima Teropongnews.com, di Ambon, Jumat (5/8/2022).

Inflasi bulanan Kota Tual berada pada ranking ke-5, inflasi tahun kalender pada ranking ke-65, inflasi tahun ke tahun pada ranking ke-67.

Sepuluh komoditas utama yang mengalami kenaikan harga atau memberikan andil terbesar terhadap inflasi Kota Ambon pada Juli 2022 diantaranya adalah: angkutan udara, cabai rawit, bawang merah, kangkung, rokok putih, ikan layang/ikan benggol, sawi hijau, minyak goreng, bayam dan ikan cakalang/ikan sisik.

“Kemudian sepuluh komoditas utama yang mengalami kenaikan harga atau memberikan andil terbesar terhadap inflasi Kota Tual adalah: ikan tongkol/ikan ambu-ambu, ikan kakap putih, angkutan udara, bawang merah, nasi dengan lauk, cabai rawit, ikan baronang, kue kering berminyak, ikan kembung/ikan gembung dan ikan selar/ikan tude,” tandas Asep.