Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

Prajurit Lantamal XIV Evakuasi Korban Bencana Alam di Sorong

×

Prajurit Lantamal XIV Evakuasi Korban Bencana Alam di Sorong

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Ratusan warga dievakuasi oleh petugas penyelamat ke lokasi yang lebih aman dengan menggunakan berbagai alat penyelamatan seperti kapal hingga helikopter.

Terlihat para petugas yang terdiri dari TNI AL, BPBD, SAR, Polri, memapah warga yang mengalami sesak nafas.
Satu persatu warga dievakuasi petugas dari mobil ambulance ke tenda yang darurat ya g didirikan di Mako Lantamal XIV Sorong.

Example 300x600
Warga yang terluka dibawa ke tenda darurat yang dibangun di Mako Lantamal XIV Sorong. (Foto: Mega/TN)

Peristiwa itu merupakan sebuah simulasi pelatihan penanggulangan bencana alam yang digelar Lantamal XIV di Mako Lantamal XIV Sorong, Jl. Bubara, kota Sorong, Kamis (14/7/2022).

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XIV Sorong Laksamana Pertama TNI Imam Musani, S.E., M.Si., M.Tr. Opsla., mengatakan simulasi patihan penanggulangan bencana alam itu sekaligus menutup kegiatan yang sudah digelar selama 3 hari.

Menurutnya, pelatihan itu sebagai salah salah satu bentuk sinergi antara TNI AL dan Pemerintah Daerah, instansi terkait dan masyarakat dalam rangka membantu penanggulanan akibat bencana alam dan membantu pencarian serta pertolongan (SAR) secara cepat dan tepat guna meminilisir jumlah korban.

Prajurit TNI AL saat mengevakuasi korban tenggelam di perairan Sorong. (Foto: Ist/TN)

“Pada kesempatan ini saya ingin mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh instansi terkait dan seluruh peserta pelatihan yang telah mendukung pelaksanaan program pelatihan penanggulangan bencana alam di wilayah kota Sorong, dan saya ucapkan terima kasih atas kesungguhan dan kerja keras seluruh peserta pelatihan sehingga Kegiatan ini dapat berjalan dengan sukses, tertib, dandan lancar, “ujar Dantamal XIV.

Danlantamal berharap kegiatan pelatihan penanggulangan bencana itu akan berlanjut di dalam kehidupan sehari-hari, sehingga sewaktu-waktu apabila terjadi bencana alam maka sudah terbentuk sinergitas yang solid, utuh dan koordinasi serta komunikasi terjalin dengan sebaik-baiknya.

Pada Kesempatan yang sama, Kepala Dinas Potensi Maritim Angkatan Laut (Kadispotmaral) Laksamana Pertama TNI Dr. Suradi Agung Slamet, S. T., S. Sos., M.M. menjelaskan bahwa sesuai dengan arahan Presiden Jokowi pada saat Rakernas bencana alam, menyebutkan bahwa TNI angkatan laut akan meningkatkan kewaspadaan kepada seluruh masyarakat, khususnya di pesisir.

“Kita harus bisa antisipasi sehingga Dispotmar dalam hal ini melaksanakan melakukan pelatihan-pelatihan secara rutin, itu sudah kita laksanakan setiap tahun dan berpindah-pindah. Kemarin bulan Mei kita laksanakan di Lantamal I dan Lantamal II, sekarang kita laksanakan di Lantamal XIV. Jadi ini adalah wujud komitmen TNI AL dalam mencegah bencana alam sehingga edukasi ini bisa tersampaikan ke masyarakat, “jelasnya.

Wakil Bupati Sorong, Suko Harjono yang juga hadir pada kegiatan tersebut memberikan apresiasi dan mendukung penuh kegiatan pelatihan yang digelar oleh Lantamal XIV Sorong.

“Kami merasa bahwa dengan adanya pelatihan-pelatihan ini bukan hanya sekedar latihan tapi bagaimana kita merealisasikan nya di lapangan nantinya. Sehingga kami dengan TNI AL dan instansi terkait jika ada ada kejadian bencana ke depannya sudah siap siaga, ” pungkasnya.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *