Berita

Hari Mangrove Sedunia, TNI AL Wilayah Sorong Tanam 3.000 Bibit Mangrove

×

Hari Mangrove Sedunia, TNI AL Wilayah Sorong Tanam 3.000 Bibit Mangrove

Sebarkan artikel ini
penanaman bibit Mangrove yang dipimpin langsung oleh anglima Komando Armada III, Laksamana Muda TNI Irvansyah, S.H., C.H.R.M.P., M.Tr.Opsla . (Foto: Mega//TN)

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – TNI Angkatan Laut (AL) Wilayah Sorong melakukan penanaman 3.000 bibit mangrove di pesisir pantai Tampa Garam, Distrik Maladumes, Selasa (26/7/2022). Penanaman Mangrove itu serentak dilaksanakan di 77 lokasi yang ada di Indonesia.

Panglima Komando Armada III, Laksamana Muda TNI Irvansyah, S.H., C.H.R.M.P., M.Tr.Opsla mengatakan bahwa jajaran Koarmada III dan Lantamal XIV melaksanakan penanaman mangrove dalam rangka hari mangrove sedunia, sekaligus juga memperingati menyambut hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan RI yang ke-77, dan juga menyambut kegiatan G20.

“Kita juga di sini didampingi seluruh Forkopimda dari kabupaten dann kota, TNI/Polri, dari lingkungan hidup, BMKG, distrik, ada juga Basarnas untuk bersama-sama menanam mangrove. Pada kali ini kita menanam sebanyak 3000 bibit mangrove putih di area seluas sekitar 10.000 meter persegi, “jelas Pangkormada III.

4401
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Lebih lanjut dikatakan Pangkormada III, kegiatan tesebut akan dilaksanakan secara terus-menerus dan bertahap.

“Tahap pertama kita laksanakan di sini di kawasan tampa garam, mudah-mudahan bisa bermanfaat, mencegah abrasi di pantai meningkatkan biota laut, meningkatkan dan ekonomi masyarakat, ” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Pangkoarmada III mengajak seluruh masyarakat menanam mangrove, karena mangrove memiliki banyak manfaat seperti dapat menyerap semua jenis logam berbahaya dan membuat kualitas air menjadi lebih bersih.

Selain itu mangrove juga membantu alam dalam mendapatkan kualitas udara yang lebih baik dan bersih

“Mudah-mudahan ini bisa memberi semangat bagi yang lain untuk sama-sama menjaga lingkungan hidup, ” pungkasnya.