Berita

Pembersihan Material Tanah Longsor di Batu Meja Mulai Dilakukan

×

Pembersihan Material Tanah Longsor di Batu Meja Mulai Dilakukan

Sebarkan artikel ini
BPBD Kota Ambon, bersama Tagana, dibantu Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan warga, Rabu (22/6/2022), bergotong-royong membersihkan material tanah longsor di RT 003/ RW 004, dan Talud Patah di RT 004/RW 007 Kelurahan Batu Meja, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – BPBD Kota Ambon, bersama Taruna Siaga Bencana (Tagana), dibantu Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan warga, Rabu (22/6/2022), bergotong-royong membersihkan material tanah longsor di RT 003/ RW 004, dan Talud Patah di RT 004/RW 007 Kelurahan Batu Meja, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon.

1550
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kota Ambon, Demy Paais mengaku, pembersihan ini dilakukan menyusul bencana tanah longsor dan talud patah di lokasi tersebut, akibat curah hujan lebat pada Minggu (19/6/2022) lalu.

“Kejadian tanah longsor di batu meja, RT 003/ RW 004, tepatnya di bagian belakang rumah keluarga de Fretes, dan talud patah di bagian depan rumah keluarga Saija, RT 004/RW 007 sehingga dilakukan pembersihan material,” kata Demy kepada wartawan, di Ambon, Kamis (23/6/2022).

Pembersihan, material lanjutnya dilakukan karena posisi talud yang patah sudah bergeser, dan mengancam rumah disekitarnya dan warga.

“Talud yang roboh dihancurkan dan dibersihkan, karena posisinya sudah bergeser, jadi sangat mengancam keselamatan warga, jika tidak segera dibersihkan, apalagi kawasan ini merupakan jalan setapak warga,” tandas Demy.

Untuk diketahui, akibat curah hujan yang terjadi di Kota Ambon pada Minggu 19 Juni 2022 kemarin, menyebabkan terjadinya bencana banjir dan tanah longsor

Secara keseluruhan ada 18 titik lokasi bencana yang mencakup 4 kecamatan, yakni Kecamatan Nusaniwe, Sirimau, Baguala dan Teluk Ambon.

BPBD Kota Ambon telah melaksanakan langkah penanganan korban dan kerusakan, dengan berkoordinasi dengan kepala desa dan RT setempat, dalam upaya pembersihan lokasi longsoran, serta distribusi logistik bencana berupa 9 buah terpal, 200 buah karung, 6 buah sekop, dan 3 buah gerobak.