Sanusi Rahaningmas Ingatkan Pemuda Pentingnya Empat Pilar Kebangsaan

Anggota DPD RI, Sanusi Rahaningmas (tengah) saat melaksanakan sosialisai epat pilar kebangsaan di Vega Hotel Sorong, (Foto: Mega/TN)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Anggota DPD RI Dapil Papua Papua Barat, Sanusi Rahaningmas menggelar sosialisasi empat pilar kebangsaan di Vega Horel Sorong yang dihadiri oleh Badan Otonom (Banom) Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah kota Sorong, Minggu (17/4/2022)

Sanusi menjelaskan, kegiatan ini semata-mata untuk saling mengingatkan kepada generasi muda betapa pentingnya penghayatan dan pengamalan terkait dengan 4 pilar yang terdiri dari Pancasila, undang-undang dasar 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika.

“Kegiatan sosialisasi 4 pilar ini memang kegiatan rutinitas yang dilaksanakan oleh MPR yang terdiri dari DPR dan DPD RI. Saya mengambil tempat di kota Sorong karena saya laksanakan kegiatan ini keliling di kabupaten kota yang ada di Papua Barat,”ujar Sanusi.

Menurut Sanusi, dari waktu ke waktu peradaban di Indonesia selalu mengalami perubahan dari berbagai paradigma, sehingga perlu adanya sosialisasi empat pilar agar masyarakat terutama generasi muda tidak lupa dengan makna empat pilar tersebut.

“Jangan sampai mereka tidak paham dan lupa apa itu Pancasila, undang-undang 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika itu sendiri. Karena kita lihat dari waktu ke waktu sedikit demi sedikit itu orang lupa, bahkan ada yang orang-orang dewasa yang sudah sekolah tapi sampai sekarang disuruh baca Pancasila kadang dia lupa, apalagi suruh hafal undang-undang,”ucap Sanusi.

Oleh sebab itu, kata Sanusi, pentingnya mengamalkan empat pilar itu dari waktu ke waktu. Dikarenakan empat pilar tersebut diumpamakan seperti empat penyangga empat tiang untuk menyangga negara dan bangsa.

Sanusi berharap, dengan adanya pelaksanaan sosialisasi 4 pilar ini generasi muda itu bisa menghayati dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan dan pergaulan sehari-hari sesama manusia, dan antar kelompok, suku dan agama yang berbeda-beda.

“Harapannya juga dengan sosialisasi 4 pilar ini kita bisa memaknai dan mendalami sehingga perilaku dan tindakan kita kepada masyarakat bangsa dan negara kita bisa terkontrol,”pungkas Sanusi.