Berita

Personil Brimop Merauke Ikut Penugasan Operasi Damai Cartenz di Pegunungan

×

Personil Brimop Merauke Ikut Penugasan Operasi Damai Cartenz di Pegunungan

Sebarkan artikel ini
Satu Pleton Brimob Merauke tengah melakukan persiapan untuk pelaksanaan penugasan. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Komandan Yonif Batalyon D Pelopor Brimob Papua-Merauke Clief D. PH. Duwit mengatakan, pihaknya sudah siapkan anggotanya untuk melakukan operasi damai cartenz, di 5 daerah pegunungan Papua.

1466
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Untuk ke daerah Yahokimo akan berangkat Rabu (20/4/2022). Sebagian masih dalam persiapan latihan untuk penugasan dengan jangka waktu sekitar 3-6 bulan pelaksanaan tugas.

“Jadi dari Batalyon D, untuk operasi damai cartenz sudah kami siapkan 1 pleton, berjumlah 30 personil dipimpin 1 perwira untuk Tim Gakkum. 1 Kompi sekitar 100 orang kita persiapan untuk ke Yahokimo. Kemudian, 15 personil ada penugasan di Mamboramo Tengah dan besok 5 personil bersama dengan Tim dari Crimsus melaksanakan tugas di sepanjang Jalan Trans Papua dari Elelim-Yahokimo-Tolikara,” terangnya, Selasa (19/4/2022) di Merauke.

Meski banyak personil yang melaksanakan penugasan, tetap ada Pleton cadangan sebagai antisipasi untuk kegiatan Ramadan, kegiatan dalam markas dan backup pengamana Idul Fitri tahun ini.

Secara keseluruhan, jumlah personil di Batalyon D Pelopor sekitar 400 orang. Dari jumlah yang ada menurutnya masih kurang, sebab untuk personil Batalyon idelanya membutuhkan 600 lebih orang. Batalyon D Pelopor Papua memiliki empat kompi, yakni Kompi 1 di Kota Merauke dengan total 250 orang, Kompi 2 berada di Mappi, Kompi 3 berada di Yahokimo, dan Kompi 4 di Wamena, serta 1 Pelton BKO di Mamboramo Tengah.